Cerita Soffell

Yuk, Ajak Buah Hati Berolahraga Setiap Pagi

Soffell - Rasa bosan akibat harus berada dirumah secara terus menerus tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, namun anak-anak pun juga bisa merasakannya. Akibat covid-19 maka semua orang diharapkan untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah saja. Supaya anak dapat menghilangkan rasa bosan maka bisa mengajaknya berolahraga setiap pagi.

Lalu olahraga apa yang cocok untuk anak-anak dan seru dimainkan? Berikut ini jenis olahraga yang perlu dilakukan bersama anak yaitu:

Bersepeda

Saat ini sedang booming bersepeda di new normal. Namun Anda tidak disarankan apabila mengajak anak Anda bersepeda di lokasi yang ramai seperti di Jalan Raya, karena resiko akan penyebaran penyakit dan resiko kecelakaan pun juga lebih besar. Solusinya Anda dapat mengajak anak-anak bermain sepeda di area rumah saja atau di sekitar kompleks.

Ajaklah buah hati Anda setiap pagi untuk meluangkan waktunya bersepeda karena saat pagi hari udara masih sejuk dan belum terlalu panas. Selain mengurangi rasa bosan anak, ternyata olahraga bersepeda juga mengajarkan anak untuk disiplin karena bangun pagi dan mulai terbiasa untuk melakukan aktivitas olahraga di pagi hari.

Senam

Mengajak anak untuk melakukan olahraga seperti senam di pagi hari tidak hanya menciptakan tubuh yang sehat. Ternyata juga dapat mengasah kemampuan anak dalam mengikuti arahan sekaligus melatih tubuh supaya menjadi lebih fleksibel.

Melakukan senam di pagi hari dapat memberikan kesempatan anak-anak agar menghirup udara yang segar serta berjemur sinar matahari. Melakukan senam tidak harus beramai-ramai, namun bisa mengajak anggota keluarga untuk bersenam di dalam rumah atau di halaman rumah.

Sepak Bola

Olahraga sepakbola sangat cocok bagi Anda yang mempunyai anak laki-laki. Olahraga pagi ini dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Terlebih lagi apabila Anda mempunyai rumah yang luas, maka bisa dijadikan sebagai olahraga pagi yang paling direkomendasikan.

Namun jika tidak mempunyai rumah yang terlalu luas bisa disiasati dengan cara menggunakan bola yang lebih kecil. Bisa juga dengan menambahkan rintangan yang nantinya akan dilalui bola.

Basket

Bermain basket memang tidak mudah dilakukan sembarang orang, karena terdapat teknik-teknik tertentu yang harus diterapkan. Mengajarkan anak untuk bermain basket sedini mungkin ternyata juga sangat bagus untuk melatih ketangkasan tangan dan kakinya.

Namun untuk melakukan olahraga ini di pagi hari pastinya harus mempunyai lokasi yang tepat untuk bermain, termasuk mempunyai ring, lahan yang luas dan bola basket.

Jalan Pagi

Jalan pagi mengelilingi kompleks juga menjadi olahraga sederhana dengan segudang manfaat. Meskipun hanya berjalan kaki ternyata mampu mendatangkan banyak keuntungan bagi tubuh. Salah satunya yaitu untuk melancarkan peredaran darah, membuat anggota tubuh terasa rileks, dan untuk melancarkan sirkulasi udara yang ada di jantung.

Tidak harus berlari, karena berjalan kaki pun sudah cukup memberikan banyak manfaat. Sehingga anak-anak merasa tidak bosan namun tetap menerapkan gaya hidup yang sehat.

Lompat di Trampolin

Apabila dilihat sekilas, trampolin memang dijadikan sebagai alat bermain untuk anak, karena dapat melompat tinggi. Akan tetapi ternyata kegiatan yang menyenangkan tersebut juga bisa menyehatkan bagi kesehatan tubuh.

Trampolin dapat dijadikan sebagai olahraga yang seru dimainkan bersama anak. Sekarang ini ada banyak sekali taman yang menyediakan trampolin. Selain itu juga bisa melakukan penyewaan, sehingga Anda dapat menyewa dan bermain di rumah.

Mengajak anak berolahraga tentunya tidak diperbolehkan jika harus memaksa atau bahkan memarahinya. Namun para orangtua disarankan untuk menerapkan dan menanamkan pemikiran bahwa melakukan olahraga merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menjadikan tubuh lebih sehat. Selain itu olahraga juga dapat merefresh pikiran yang lelah akibat tugas atau PR yang banyak.