Cerita Soffell

Waspada Demam Berdarah Saat Pandemi

Soffell - Pandemic covid-19 memang belum selesai di Indonesia. Namun, bukan berarti penyakit lain menjadi tidak mengalami kenaikan jumlah penderita pula. Berbagai penyakit berbahaya lain juga ternyata masih mengintai kita. Beberapa jenis penyakit tersebut diantaranya ialah muntaber, demam berdarah dengue, malaria, virus virus lain dan banyak penyakit lagi.

Terlebih ketika sekarang kita memasuki musim penghujan dimana curah hujan tinggi menyebabkan banyak genangan air yang bisa menjadi sumber penyakit. Namun, anda tidak perlu dan jangan khawatir! Berikut ini telah kami rangkum cara mencegah penyakit demam berdarah dengue masuk ke lingkungan kita. Yuk, simak artikel berikut ini dalam rangka Waspada Demam Berdarah Saat Pandemi.

Menerapkan program 3 M plus

3 M plus merupakan program yang digagas oleh pemerintah untuk mengurangi resiko terkena penyakit demam berdarah dengue di Indonesia. 3 M tersebut terdiri dari menguras, menutup, dan mendaur ulang limbah bekas. Menguras merupakan kegiatan untuk membersihkan air di dalam bak mandi atau ember agar telur nyamuk mati dan tidak akan berkembang menjadi nyamuk.

Menutup merupakan kegiatan untuk menutup tempat penampungan air seperti ember maupun bak mandi agar nyamuk tidak dapat bertelur di tempat tersebut. Mendaur ulang limbah barang bekas merupakan kegiatan memakai kembali dengan terlebih dahulu mendaur barang tersebut agar resiko barang tersebut dijadikan tempat bertelur nyamuk menjadi nol.

Program plus merupakan program tambahan dalam mencegah penyakit demam berdarah dengue. Program tersebut ialah seperti memelihara ikan agar dapat memakan jentik nyamuk, menggunakan obat nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela, membersihkan lingkungan dan memeriksa tempat tempat penampungan air.

Mengganti dan Mencuci Pakaian dari Luar

Pakaian yang berada di luar tidak dapat kita pastikan kebersihannya, mulai dari debu, virus covid-19 atau bahkan jentik nyamuk. Oleh karena itu, selalu cucilah pakaian yang telah digunakan agar keluarga terhindar dari bahaya demam berdarah dengue.

Fogging

Fogging merupakan kegiatan penyemprotan cairan disensifektan ke daerah atau rumah rumah agar jentik dan sarang nyamuk mati. Kegiatan ini biasanya secara rutin sudah dikoordinasi dengan pihak RT atau desa setempat. Jika anda belum mendapatkan informasi, segeralah menuju RT untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagaimanapun juga, penyakit menyerang tubuh yang sedang dalam kondisi tidak fit. Oleh karena itu, selalulah periksa kesehatan anda agar jika terjadi masalah, dapat diperiksa sejak dini.

Itu dia  4 tips cara mencegah penyakit demam berdarah dengue dalam rangka Waspada Demam Berdarah Saat Pandemi. Jangan lupa, untuk selalu menggunakan Soffell lotion anti nyamuk pada pagi, sore dan malam hari Ikuti tips tersebut ya agar anda dan keluarga terhindar dari penyakit demam berdarah dengue yang sangat mematikan!