Cerita Soffell

Tips Menjaga Sistem Imun Tubuh Untuk Mencegah Demam Berdarah

Soffell - Penyakit DBD atau Demam Berdarah Dengue dapat menimbulkan kematian, untuk itu melakukan pencegahan harus dilakukan untuk setiap orang. Salah satu cara untuk meminimalisir terserangnya penyakit DBD yaitu dengan cara memperkuat bagian sistem imunitas anak. Demam Berdarah dapat menyerang siapa saja, baik itu bayi, anak-anak, orang dewasa, bahkan orang tua.

Penyakit DBD di bawa oleh nyamuk kemudian disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Ternyata imunitas di dalam tubuh memiliki peran dalam menghadapi serangan virus dengue yang masuk melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Peran Imunitas untuk Mencegah Demam Berdarah


Virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini akan masuk ke bagian pembuluh darah manusia. Setelah itu merangsang bagian sistem imunitas tubuh dalam membasmi virus tersebut. Sehingga untuk sel-sel pada imunitas tubuh bekerja sedemikian rupa untuk membasmi virus nyamuk. Bisa saja imunitas tubuh pada seseorang tidak berhasil dalam melawan maupun membasmi virus demam berdarah yang masuk.

Sementara virus merangsang sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh penderitanya akan menjadi immunopathogenesis, yaitu kekacauan bagian sistem imunitas yang terjadi akibat gigitan nyamuk virus dengue. Kekacauan yang dibuat sistem imunitas tubuh tersebut memang cenderung memicu virus dengue agar beranak-pinak maupun berkembang biak pada sel pembuluh darah penderitanya.

Daya tahan tubuh memang berperan besar dalam pencegahan penyakit mematikan tersebut. Sehingga seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah akan lebih beresiko terhadap serangan penyakit demam berdarah. Sebab itulah, penting bagi diri seseorang dalam menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh supaya tidak mudah terkena infeksi nyamuk.


Berikut ini cara menjaga daya tahan tubuh dari serangan demam berdarah, diantaranya:


Konsumsi Sayur, Buah dan Protein


Menerapkan kebiasaan pola gaya hidup yang sehat bisa melindungi diri dari serangan penyakit demam berdarah. Target utama yang harus dilakukan yaitu dengan menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun. Tubuh membutuhkan berbagai jenis gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan agar sistem imun, sel dan enzim dapat ditingkatkan.


Rutin Melakukan Olahraga


Olahraga tidak hanya menciptakan tubuh yang sehat saja, namun juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk demam berdarah. Pada saat tubuh secara aktif melakukan olahraga, maka kualitas tidur pun juga menjadi lebih baik dan tentunya hal ini dapat menurunkan tingkat stres yang dialami.


Melakukan olahraga secara rutin wajib dilakukan paling tidak 30 menit untuk per harinya. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat, namun bisa melakukan olahraga yang ringan sesuai kemampuan.

 

Tidur yang Cukup

Dalam menjaga konsistensi kesehatan, maka seseorang membutuhkan waktu tidur yang cukup. Apabila seseorang kekurangan durasi tidur maka keseimbangan hormon menjadi terganggu dan hal ini berdampak pada daya tahan tubuh yang semakin menurun.

 

Nyamuk Aedes Aegepty sangat menyukai lokasi yang kumuh atau banyak air. Untuk itu program dari kesehatan pun juga menyarankan untuk mengikuti prosedur 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur. Hal ini bertujuan supaya nyamuk tidak berkembangbiak. Mengingat bahwa nyamuk sangatlah mudah berkembang biak, maka menjaga kebersihan di rumah dan ingkungan sekitar perlu dilakukan. Selain itu, selalu gunakan lotion anti nyamuk Soffell pada pagi dan sore hari dimana pada kedua waktu tersebut nyamuk rawan keluar.