Cerita Soffell

Tips Menata Taman Rumah Supaya Lebih Cantik

Soffell - Belakangan ini, semakin banyak ibu rumah tangga yang mulai hobi mengoleksi tanaman hias di taman depan rumahnya. Selain mengisi waktu luang, menanam bunga juga bisa menyegarkan pikiran. Namun, taman seluas apa pun dan bunga secantik apa pun, tentu akan tetap terlihat kurang indah jika ditata sembarangan. Oleh karena itu, bunga atau tanaman hias di taman rumah harus ditata sedemikian rupa agar terlihat lebih cantik dan menawan. Lalu, bagaimana cara menata taman di rumah agar lebih cantik?

Inilah 5 Cara Mentara Taman Rumah Agar Semakin Cantik dan Menawan

1. Kelompokan jenis tanaman hias

Agar terlihat lebih rapi, sebaiknya tata tanaman hias sesuai dengan jenisnya. Pengelompokan tanaman hias akan membuat taman lebih nyaman dan cantik saat dipandang. Cobalah untuk membuat barisan tanaman hias dengan jenis yang sama di sudut depan rumahmu. Tanaman hias yang dikelompokkan sesuai jenisnya juga akan membuat area taman terlihat tidak berantakan dan lebih serasi.

2. Buat barisan yang jelas

Jika tanaman hias telah dikelompokkan dan dibariskan, pastikan untuk memberi jarak antar tanaman. Buatlah barisan yang jelas antar tanaman. Apakah Kamu akan membuat barisan bentuk persegi, bulat, melengkung, atau bentuk lain sesuai keinginan. Pastikan pula untuk membuat barisan sesuai dengan kondisi dan luas halaman. Apabila halaman rumahmu berbentuk kotak, maka bariskan tanaman secara melengkung agar tampak kontras. Tanaman hias yang ditata dengan tampilan kontras akan membuat bentuk halaman tidak terlihat kaku.

3. Ciptakan titik pusat

Taman bunga akan semakin memikat dengan adanya tanaman yang menjadi titik pusat. Adanya titik pusat ini akan membuat pandangan kita lebih tertarik pada satu jenis tanaman yang menjadi ikon dari halaman tersebut. Sebaiknya, pilih tanaman yang unggul dan berbeda dibandingkan tanaman hias lainnya untuk dijadikan titik pusat. Hal ini akan membuat halaman rumah semakin unik dan cantik.

4. Atur posisi tanaman hias

Sebaiknya, atur posisi tanaman sesuai tinggi masing-masing tanaman tersebut. Untuk tanaman yang lebih tinggi, sebaiknya letakkan di bagian belakang. Sementara tanaman yang lebih pendek bisa ditempatkan pada bagian depan. Tujuannya adalah supaya semua tanaman bisa terlihat lebih jelas dan tidak menutupi satu sama lain.

5. Eliminasi tanaman hias

Eliminasi juga perlu dilakukan agar taman tetap terlihat indah. Oleh karena itu, sebaiknya gantilah tanaman hias atau bunga yang kering atau layu. Gantilah tanaman yang sudah tidak sehat tersebut dengan tanaman baru yang masih segar. Dengan begitu, maka tidak ada tanaman layu yang mengganggu pandangan. Semua tanaman tetap tampak segar dan cantik mempesona.

Nah, itu dia beberapa tips menata taman rumah agar terlihat lebih indah. Kamu bisa memanfaatkan rak tanaman, pot gantung, atau bahkan membuat vertical garden sesuai dengan kondisi halaman rumah. Yuk, percantik rumah dengan menghiasinya menggunakan aneka jenis tanaman hias. Cantiknya tanaman hias pasti akan membuat pikiranmu selalu segar dan lebih bahagia menjalani hari-hari.