Cerita Soffell

Ternyata Bau Ini Tidak Disukai Nyamuk

Soffell - Walaupun memiliki tubuh yang super kecil, nyatanya nyamuk sering membuat kita gatal-gatal bahkan menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mencegah agar nyamuk tak mau masuk ke rumah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bau-bau seperti berikut:

1.  Bunga Lavender

Pertama, kamu bisa memanfaatkan bau bunga Lavender. Baunya yang wangi di hidung kita nyatanya membuat nyamuk tak ingin mendekat loh. Bahkan saking efektifnya, bunga Lavender menjadi andalan bagi produk-produk obat nyamuk.

Bunga yang berwarna ungu ini mampu membuat nyamuk menjadi terkecoh dalam mengenali bau manusia untuk diambil darahnya.

2.  Kulit Jeruk

Selain bunga Lavender, nyatanya bau kulit jeruk yang super segar juga sangat tidak disukai oleh nyamuk.  Fakta yang cukup mengejutkan sekaligus membahagiakan karena ternyata tak hanya nyamuk saja yang tidak suka, kecoak, semut api, hingga lalat juga tak menyukainya.

Perlu diketahui juga bahwa di dalam kulit jeruk ini ternyata mengandung senyawa limonade yang sangat beracun bagi nyamuk, lalat, dan serangga lainnya. 

3.  Pepermin

Pepermin yang memiliki aroma yang wangi dan segar juga sangat dibenci oleh nyamuk. Bahkan tak hanya nyamuk biasa, pepermin dalam bentuk larutan dipercaya juga bisa membunuh larva nyamuk hanya dalam waktu 24 jam saja. Kamu bisa menggunakan tanaman langsung atau menggunakan wewangian khusus yang berbau pepermin.

4.  Serai

Serai yang masuk dalam salah satu jenis empon-empon yang biasa digunakan untuk masakan atau jamu juga memiliki aroma yang menyengat. Aroma serai ini tidak disukai oleh nyamuk. 

Nyatanya serai ini mengandung minyak atsiri salah satunya citronella. Nah, bau ini sangat efektif untuk mengusir nyamuk maupun serangga yang lain.

5.  Kemangi

Daun yang sering digunakan sebagai lalapan ini juga bagus digunakan untuk membasmi nyamuk. Kemangi sendiri memiliki bau yang cukup menyengat namun juga sangat segar untuk kita hirup.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengolah kemangi menjadi minyak atau bisa juga dengan menanam kemangi itu sendiri.

6.  Marigold

Siapa yang tak menyukai bunga marigold yang warna-warni dan bunganya sangat bulat itu? Nyatanya selain tampilannya yang enak dipandang, baunya juga tak disukai oleh nyamuk loh.

Beruntung sekali bagi kamu yang saat ini punya tanaman bunga cantik yang satu ini. Sebab, bunga marigold mengandung zat yang dinamakan piretrum yang dibenci oleh nyamuk.

7.  Rosmerry

Rosmerry, tanaman yang sangat unik karena memiliki bau yang super wangi dan rasanya yang membuat makanan makin sedap ini juga tak disukai nyamuk. Tanaman yang satu ini bisa kamu tanam di rumah atau bisa juga dikeringkan dan digunakan sebagai pajangan. Dengan aromanya ini, ruangan menjadi lebih wangi dan bebas nyamuk.

8.  Horsemint

Bau terakhir yang bisa kamu manfaatkan juga adalah horsemint. Tanaman yang satu ini tak jauh berbeda dengan pepermin karena masih satu keluarga. Keharumannya ini membuat kamu semakin relaks.

Namun, baunya tersebut bisa mengusir berbagai jenis hewan seperti nyamuk, lalat, kecoak, bahkan tikus pun tak menyukainya. Alhasil rumah kamu makin nyaman ditempati.

Nah, itu dia berbagai jenis bau yang dibenci oleh nyamuk. Kamu bisa menggunakan wewangian tersebut dengan menggunakan parfum atau menggunakan tanamannya langsung. Ya, dengan cara seperti ini, kamu tak perlu menggunakan obat nyamuk yang bahannya tak ramah untuk kesehatan dan lingkungan.

Selain itu, untuk terhindari dari gigitan nyamuk, kamu bisa gunakan lotion anti nyamuk dari soffell, diformulasikan menggunakan bahan-bahan alami agar lebih nyaman digunakan. Selain itu, Soffell juga memiliki aroma atau wangi yang menyegarkan.