Cerita Soffell

Selalu Gunakan Masker Saat Bermain di Tengah Pandemi

Soffell - Pandemi virus corona masih terus saja terjadi di Indonesia. Virus corona sendiri dapat menular dari manusia ke manusia lainnya melalui percikan air liur yang dikeluarkan oleh penderita Covid-19 melalui batuk, bersin, bahkan saat berbicara. Maka dari itu, menggunakan masker merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penularan virus corona. Dalam hal ini, masker akan menghalau percikan air liur dari penderita Covid-19.

Mengingat pentingnya fungsi masker, maka semakin banyak orang waspada dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah tersebut. Setiap kali keluar rumah, masker harus selalu dikenakan. Protokol ini bukan hanya berlaku bagi orang dewasa saja. Anak-anak pun wajib menggunakan masker agar tetap terlindungi. Bahkan, saat bermain bersama teman-temannya sekalipun.

Pentingnya Masker Bagi Anak Saat Bermain di Tengah Pandemi

Sejak masa pandemi, anak-anak memiliki lebih banyak waktu di rumah bersama keluarganya. Pasalnya, kegiatan sekolah diganti menjadi sistem online. Artinya, anak-anak akan menghabiskan banyak waktu di rumah masing-masing dengan belajar bersama orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Setelah selesai mengerjakan tugas sekolah, anak-anak biasanya mengisi waktu dengan bermain bersama teman di lingkungan sekitar rumahnya. Sayangnya, masih banyak orang tua yang abai dengan membiarkan anaknya bermain tanpa memakai masker. Mereka menganggap bahwa anak-anak tidak bepergian jauh, sehingga tidak perlu memakai masker. Padahal, memakai masker saat bermain sangatlah penting.

Meskipun hanya bermain di sekitar rumah, orang tua harus benar-benar memastikan bahwa anak-anaknya terlindungi. Pasalnya, kita tidak pernah tau apakah teman-teman yang bermain dengan si kecil benar-benar sehat atau justru sudah terinfeksi virus corona dari keluarganya. Dengan memakai masker, maka kemungkinan terburuk anak tertular virus corona bisa diminimalisir.

Bagi anak-anak, memakai masker mungkin terasa kurang nyaman. Namun, cobalah untuk memberikan pengertian kepada mereka mengenai pentingnya memakai masker di tengah pandemi. Dengan begitu, maka anak-anak akan mengerti bahwa mereka harus menjaga kesehatannya dengan cara memakai masker.

Selain mengajarkan anak untuk memakai masker saat bermain, orang tua juga perlu memberikan arahan kepada anak untuk rajin mencuci tangan. Setelah bermain dan menyentuh banyak benda, segera cuci tangan sebelum melakukan aktivitas lainnya di rumah. Mencuci tangan sangat penting agar tangan si kecil selalu bersih dan bebas dari virus corona ataupun kuman penyebab penyakit lainnya.

Walaupun anak-anak boleh bermain di sekitar rumah, namun orang tua sebaiknya memberikan batasan waktu bermain si kecil. Jangan sampai momen libur sekolah ini justru digunakan untuk bermain seharian setiap harinya. Pastikan anak memiliki waktu untuk menyelesaikan tugas sekolahnya dan jangan lupa untuk beristirahat.

Selain itu, orang tua juga harus memastikan si kecil mendapatkan asupan makanan yang cukup. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, maka tubuh si kecil bisa semakin fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dengan begitu, maka si kecil bisa lebih kuat untuk menangkal berbagai penyakit yang datang.

Itulah pentingnya memakai masker bagi anak. Sebagai orang tua, kita harus bisa memberikan contoh kepada anak untuk mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi. Dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut, maka semua anggota keluarga bisa tetap terjaga kesehatannya dan bebas dari penularan infeksi virus corona.