Cerita Soffell

Pelihara Tanaman Ini Agar Rumah Bebas Nyamuk

Soffell - Populasi nyamuk biasanya meningkat drastis saat musim hujan tiba. Pasalnya, banyak tempat yang menjadi genangan air. Saluran air, selokan, ember di luar rumah, dan pot bunga adalah beberapa  contoh wadah yang bisa menampung air. Genangan air inilah yang digunakan oleh nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak. Akibatnya, populasi nyamuk pun bertambah banyak. Hal ini menyebabkan nyamuk yang masuk ke dalam rumah pun semakin tidak terbendung.

Banyaknya nyamuk yang ada di rumah tentu sangat mengganggu. Berbagai cara pun dilakukan agar anggota keluarga bisa terlindungi dari gigitan nyamuk. Selain menggunakan obat nyamuk, ternyata ada cara alami untuk mengusir nyamuk. Salah satunya adalah dengan memelihara tanaman hias. Benarkah tanaman hias bisa mengusir nyamuk? Lalu, tanaman hias apa saja yang bisa membuat rumah bebas nyamuk?

Ini Dia, 5 Jenis Tanaman yang Bisa Membantu Rumah Bebas dari Nyamuk

1. Lavender

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tanaman lavender memang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Tidak heran jika banyak sekali produk pengusir nyamuk yang menggunakan lavender sebagai bagan dasarnya. Segarnya aroma bunga lavender ternyata sangat tidak disukai oleh nyamuk. Alasan inilah yang membuat nyamuk memilih untuk menjauh saat mencium aroma lavender. Oleh karena itu, Kamu bisa membuat kebun kecil yang berisi tanaman lavender. Letakkan tanaman lavender pada pot, kemudian tempatkan di dekat pintu atau jendela rumah. Tanaman lavender akan membantu mengusir nyamuk dari rumah.

2. Marigold

Nama bunga ‘Marigold’ mungkin masih terlihat asing. Namun, sebenarnya bunga ini sangat sering kita temui di sekitar tempat tinggal. Seperti namanya, bunga ini memiliki warna kuning keemasan. Marigold memiliki aroma yang khas. Bunganya mengandung pyrethrum yang merupakan senyawa penolak serangga. Tanaman ini menyukai sinar matahari, sehingga Kamu bisa menanamnya di halaman depan rumah. Selain bisa mengusir nyamuk, bunga Marigold yang mekar juga sangat cantik.

3. Serai Wangi

Serai wangi atau sereh merupakan bahan alami yang sudah tidak asing lagi karena sering dimanfaatkan menjadi bumbu dapur. Aromanya yang sangat wangi ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Serai wangi diketahui mengandung senyawa citronella. Senyawa inilah yang membuat nyamuk tidak berani mendekat. Cobalah untuk menanam serai wangi di rumah. Selain akan mengusir nyamuk, Kamu juga bisa mengambilnya jika suatu saat membutuhkannya sebagai bumbu masakan.

4. Catnip

Catnip atau Nepeta cataria merupakan tanaman yang disukai oleh kupu-kupu dan kucing. Bahkan, banyak yang menyebut catnip dengan istilah ‘ganda kucing’. Catnip yang banyak dimanfaatkan sebagai obat ini ternyata juga sangat efektif untuk mengusir nyamuk. Bahkan, penelitian yang dilaporkan pada American Chemical Society menyebutkan bahwa catnip 10 kali lebih ampuh mengusir nyamuk dibandingkan zat pembunuh serangga seperti DEET.

5. Papermint

Tanaman papermint bisa mengeluarkan aroma khas yang sangat tidak disukai nyamuk. Bahkan, aroma tanaman ini lebih efektif dalam mengusir nyamuk dibandingkan aroma kimia yang menyengat. Oleh karena itu, Kamu bisa menjadikan tanaman papermint sebagai andalan di kala banyak nyamuk menyerang. Caranya adalah dengan menempatkan tanaman papermint di rumah. Saat masalah nyamuk semakin parah, coba hancurkan daun tanaman tersebut untuk melepaskan minyak dan aromanya.

Nah, itu dia sejumlah tanaman yang memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk. Bukan hanya bisa mengusir nyamuk, memelihara tanaman di rumah juga bisa membuat suasana rumah semakin terasa sejuk. Keindahan warna tanaman dan bunganya juga akan memberikan nilai estetika tersendiri terhadap rumah.

Selain dengan memelihara tanaman yang ada di atas, kamu juga bisa melindungi kulit dari serangan nyamuk dengan selalu menggunakan Soffell lotion anti nyamuk. Soffell memiliki kandungan dan aroma yang tidak disukai nyamuk, sehingga nyamuk langsung minggat.