Cerita Soffell

Mengenal Jenis Nyamuk dan Bahayanya

Soffell - Nyamuk memang menjadi salah satu hewan yang tak pernah bisa berhenti mengganggu manusia. Namun, karena bentuknya yang kecil membuat banyak orang malah meremehkan bentuknya yang kecil. Padahal ada banyak jenis nyamuk yang baru diketahui, yaitu sebagai berikut.

1.  Nyamuk Anopheles

Jenis nyamuk yang pertama akan kita bahas adalah nyamuk Anopheles. Pasti nama ini sudah tak asing di mata kamu bukan? Ya, nyamuk ini merupakan jenis yang sangat mengerikan karena bisa menyebabkan penyakit Malaria.

Bahaya dari nyamuk yang satu ini adalah bisa membawa parasit ke dalam tubuh dan mengalir melalui pembuluh darah. Parasit tersebut bisa berkembang biak di tumbuh manusia khususnya di hati dan sel darah merah.

Jika dilihat sekilas, nyamuk ini memiliki warna yang coklat tapi ada juga yang berwara hitam. Nyamuk Anopheles ini masih dibagi lagi menjadi lebih banyak hingga lebih dari 400 jenis. namun yang bisa menularkan parasit ke dalam tubuh manusia hanya sekitar 30-an ekor saja.

2.  Nyamuk Aedes aegypti

Tak hanya Anopheles saja yang terkenal di telinga masyarakat, Nyamuk Aedes aegypti juga sangat terkenal. Bagaimana tidak, nyamuk yang satu ini ternyata bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dengue atau DBD.

Padahal, nyamuk Aedes aegypti ini tak hanya menyebabkan DBD melainkan juga chikungunya, zika, dan juga demam kuning. Nyamuk yang satu ini akan membawa virus dengue yang bisa berkembang biak juga di dalam aliran darah.

Nyamuk yang satu ini memiliki ciri-ciri seperti; bentuknya yang lebih kecil dibanding nyamuk biasa, warnanya hitam dengan corak belang pada tubuhnya. Biasanya nyamuk betina punya perut yang lebih besar dengan moncongnya lebih panjang.

3.  Nyamuk Culex quinquefasciatus

Jenis nyamuk yang berikutnya adalah Nyamuk Culex quinquefasciatus yang dapat menyebabkan penyakit filariasis, west nile fever, dan juga Zika. Nyamuk ini memiliki ukuran sekitar 4 mm dan warnanya cenderung cokelat.

Jenis nyamuk yang satu ini dapat berkembang-biak di tempat yang kotor seperti selokan, kubangan air, hingga di septic tank.

Nyamuk yang satu ini sering menyerang manusia pada malam hari hingga dini hari. Sebab, pada siang harinya mereka berhenti beraktivitas.

4.  Nyamuk Aedes albopictus

Jenis nyamuk berbahaya selanjutnya adalah Aedes albopictus yang biasa disebut juga dengan nyamuk macan atau nyamuk hutan. Dinamai demikian karena tubuhnya belang-belang hitam dan putih. Nyamuk ini juga sering ditemui di kebun, hutan, atau tempat-tempat yang rimbun.

Nyamuk yang satu ini memiliki genus yang sama dengan nyamuk Aedes aegypti sehingga bisa menyebabkan penyakit DBD juga. Tapi, tak hanya itu saja, nyamuk ini juga sering menyebabkan penyakit demam kuning, chikungunya, dan zika.

Umumnya, betina akan bertelur di air mengalir maupun di air yang menggenang. Nyamuk ini juga hanya terbang rendah.

5.  Nyamuk Mansonia Uniformes

Nyamuk Mansonia Uniformes juga masuk dalam jenis yang berbahaya. Sebab, gigitannya bisa menyebabkan penyakit filariasis. Nyamuk ini disebut juga sebagai nyamuk tanaman air karena hidup di area pertanian yang banyak tanaman airnya.

Itu dia berbagai jenis nyamuk dan bahayanya yang harus kamu ketahui. Dengan ini maka kamu bisa melakukan berbagai usaha untuk mencegah nyamuk datang ke rumah. Ada banyak cara yang dipilih dan sesuaikan saja dengan karakter nyamuk sehingga hailnya akan lebih efektif. Semoga informasi di atas membuat kamu tetap mementingkan keamanan rumah dari serangan nyamuk.

Untuk pencegahannya, kamu bisa oleskan Soffell lotion anti nyamuk, Soffell memiliki kandungan yang sudah terbukti dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk, bahkan bisa juga melindungi kulit dari gigitan serangga. Selain itu, soffell tersedia dalam kemasan saset dan juga botol yang bisa dibawa kemanapun dan kapanpun Anda pergi.