Cerita Soffell

Inilah Tempat yang Rawan Serangan Nyamuk Chikungunya

Soffell - Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus merupakan dua jenis nyamuk yang sama-sama bisa menyebabkan penularan virus Chikungunya kepada manusia. Kedua jenis nyamuk ini tentu menjadi ancaman manusia karena bentuknya yang kecil dan juga lincah membuat lengah. Ada banyak sekali cara mencegah penularannya, salah satunya dengan menghindari tempat-tempat berikut ini:

1. Negara dengan Iklim Tropis dan Subtropis

Tempat yang sangat rawan dengan serangan nyamuk Chikungunya ini adalah negara yang beriklim tropis dan subtropis. Nah, Indonesia ini termasuk negara tropis yang pastinya akan membuat perkembangan dua jenis nyamuk itu menjadi lebih tinggi.

Namun, karena kini sudah banyak berkembang pengetahuan mengenai pencegahan dan pembasmian nyamuk ini, kasus Chikungunya juga sudah mulai meredam. Oleh karena itu, negara kita cukup aman jika kita sendiri bisa menjaga kebersihan.

2. Daerah dengan Genangan Air yang Cukup Banyak

Tempat yang harus benar-benar diwaspadai adalah tempat yang memiliki genangan air yang cukup banyak. Biasanya tempat seperti ini akan menjadi tempat ternyaman bagi para nyamuk untuk berkembang biak. Ya, air tadah hujan atau air yang menggenang di wadah bekas bisa menjadi tempat nyaman untuk bertelur dan berkembang biak.

Jika kamu mengetahui bahwa akan datang ke suatu daerah dan ternyata daerahnya kumuh penuh dengan genangan air maka harus siap-siap. Pastikan menggunakan obat nyamuk oles atau menggunakan pakaian yang menutup tubuh. 

3. Ruangan yang Hangat

Nyamuk Aedes ini ternyata sangat suka dengan ruangan yang bersuhu hangat. Oleh karena itu, nyamuk ini berkembang biak dengan cepat pada negara yang iklimnya tropis. Nyamuk aedes biasanya juga hanya muncul pada siang hingga sore hari karena suhu masih terasa hangat.

Namun, tak semua tempat yang hangat itu selalu ada nyamuk aedes. Yang terpenting adalah ruangan yang hangat itu tidaklah dekat dengan sumber perkembangbiakan nyamuk penyebab Chikungunya ini.

Namun, jika kamu mengetahui bahwa di tempat tersebut ada banyak genangan air dan memiliki suhu yang hangat maka harus siap. Kamu harus menggunakan losion anti nyamuk atau menyalakan pendingin ruangan.

4. Ruangan yang Kotor

Kamu juga harus waspada terhadap serangan nyamuk penyebab chikungunya ini di ruangan yang kotor. Ruangan kotor bisa dilihat dari barang-barang yang menumpuk dan tidak dirapikan, ruangan sangat lembap, banyak kotoran yang tidak dibuang, bahkan sampah dibiarkan terbuka dan terisi air.

Hindari ruangan dengan kondisi seperti itu karena bisa jadi ruangan tersebut sudah menjadi sarang nyamuk aedes. Jika kamu benar-benar tak bisa menghindarinya, jangan lupa gunakan pelindung berupa anti nyamuk.

Jika itu adalah ruangan kamu sendiri, sebaiknya segera bersihkan agar tidak ada kotoran yang tersisa. Buang sampah pada tempatnya, bersihkan ruangan, dan semprotkan anti nyamuk Setelah itu ruangan bisa kamu gunakan dengan lebih nyaman dan aman.

Itu dia beberapa tempat yang rawan atas serangan nyamuk penyebab Chikungunya. Namun, perlu diketahui juga bahwa kini nyamuk penyebab Chikungunya sudah mulai beradaptasi. Jadi, banyak nyamuk pembawa virus ini yang bisa hidup di daerah dingin, di luar ruangan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, bisa saja di tempat yang bersih sekali pun tetap terdapat nyamuk ini. Kita hanya bisa mencegahnya saja dengan menerapkan 5M yaitu Menguras bak mandi, Menutup rapat-rapat bak mandi, Mengganti air pada vas bunga atau pot tanaman, Mengubur barang bekas, dan Menaburkan bubuk Abate agar membunuh jentik-jentik.

Nah, selain dengan menerapkan 5M, sebaiknya menggunakan lotion anti nyamuk jika bepergian ke tempat yang di sebutkan di atas, bisa dengan ngengoleskan Soffell Lotion anti nyamuk, Soffell memiliki kandungan yang sudah terbukti dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk, bahkan bisa juga melindungi kulit dari gigitan serangga. Selain itu, soffell tersedia dalam kemasan saset dan juga botol yang bisa dibawa kemanapun dan kapanpun Anda pergi.