Cerita Soffell

Ini Manfaat Bermain Pasir untuk Anak

Soffell - Anak-anak pada umumnya sangat suka bermain pasir. Saking sukanya, biasanya mereka merasa sangat bahagia hingga lupa waktu. Sayangnya, seringkali banyak orang tua melarang anaknya bermain pasir karena takut kotor. Padahal, banyak sekali manfaat dari bermain pasir bagi anak-anak. Ya, meskipun bermain pasir membuat badan menjadi kotor karena banyak pasir yang menempel, namun banyak efek positif yang akan anak-anak dapatkan. Lalu, apa saja manfaat bermain pasir untuk anak?

Orang Tua Wajib Tahu, Inilah 5 Manfaat Bermain Pasir untuk Anak

1. Meningkatkan konsentrasi dan kekuatan anak

Saat bermain pasir, biasanya anak-anak akan mulai berkreasi untuk membuat aneka macam bentuk menggunakan pasir. Istana pasir adalah bentuk yang paling sering dibuat oleh si kecil. Saat berusaha membangun istana pasir, maka di sinilah konsentrasi dan kekuatan anak terasah. Hal ini terjadi karena si kecil harus mengangkat pasir dari cetakan, sehingga ototnya terus aktif bergerak. Sementara itu, target untuk menyelesaikan istana pasir akan meningkatkan konsentrasinya.

2. Mengembangkan motorik anak

Manfaat lain dari bermain pasir adalah dapat mengembangkan kemampuan motorik si kecil. Saat mereka bersentuhan dengan pasir, baik meraba teksturnya atau membuat sesuatu menggunakan kedua tangannya, sebenarnya hal ini sangat baik untuk membantu perkembangan motoriknya. Apalagi, si kecil juga sangat aktif dan bersenang-senang saat bermain dengan pasir. Kegiatan ini akan membuat motorik anak berkembang dengan baik.

3. Meningkatkan kemampuan si kecil dalam bersosialisasi

Saat bermain pasir di pantai, tentu ada banyak orang di sekitar si kecil. Meskipun pada awalnya si kecil bermain sendiri, tidak menutup kemungkinan ada anak kecil dari keluarga lain yang mendekat dan akhirnya mulai bermain pasir bersama. Hal ini tentu akan menambah pertemanan dan mengajarkan si kecil untuk bersosialisasi dengan orang lain. Bukan hanya itu, kemampuan bahasa si kecil juga akan semakin terasah saat mereka berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya.

4. Menjadi wadah terapi bagi anak

Pasir sejak dahulu memang dikenal sebagai salah satu wadah terbaik untuk terapi, termasuk terapi bagi anak-anak. Saat bersentuhan dengan pasir, anak-anak bisa melepaskan rasa frustasi atau stres yang selama ini terpendam pada tubuhnya. Dengan bermain pasir, anak-anak akan menemukan cara untuk menghilangkan rasa stres. Kegiatan fisik seperti loncat dan berlari di atas pasir membuat anak-anak sangat menikmati momen bermain yang sekaligus menjadi wadah untuk menyalurkan emosi mereka.

5. Mengasah kreativitas si kecil

Saat bermain pasir, anak-anak akan menganggap pasir tersebut layaknya kanvas. Dalam hal ini, insting dan kreativitas si kecil sedang diasah. Mereka akan menggunakan kreativitasnya untuk membangun sesuatu menggunakan pasir yang ada di sekitarnya. Hal ini juga akan membantu mengasah koordinasi mata serta kemampuan motoriknya.

Itulah beberapa hal positif yang bisa didapatkan ketika anak bermain pasir. Jadi, para orang tua sebaiknya tidak perlu khawatir saat anaknya bermain pasir asalnya tetap dalam pengawasan. Mengingat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, maka orang tua bisa membuat agenda berlibur ke pantai bersama keluarga sekaligus sebagai sarana edukasi untuk si kecil dengan bermain pasir pantai.

Nah, supaya Anak terlindungi dari serangan nyamuk maka gunakan Soffell lotion anti nyamuk yang nyaman di kulit. Soffell memiliki varian aroma yang wangi sehingga bukan hanya melindungi kulit dari gigitan nyamuk tapi juga membuat kulit menjadi harum.