Cerita Soffell

Cara Melindungi Kulit dari Gigitan Semut Api

Soffell - Semut merupakan jenis serangga yang sering kita temui di sekitar rumah. Serangga kecil ini memang tidak begitu mengganggu. Namun, jenis semut tertentu ternyata cukup meresahkan, seperti semut api. Pasalnya, gigitan semut api bisa menyebabkan rasa sakit dan sensasi terbakar pada kulit. Tidak heran jika kulit yang digigit semut api bisa langsung sakit, merah, dan gatal luar biasa. Oleh karena itu, Kamu perlu hati-hati jika sedang berada di lingkungan yang di sekitarnya banyak serangga. Lalu, bagaimana cara melindungi kulit agar terhindar dari gigitan semut api?

Inilah Beberapa Cara untuk Melindungi Kulit dari Gigitan Semut Api

1. Pakai Soffell

Untuk melindungi kulit dari semut api atau serangga lainnya, maka Kamu bisa menggunakan Soffell. Mungkin kamu bertanya-tanya, Soffell kan lotion anti nyamuk, emangnya bisa melindungi kulit dari semut api?

Jawabannya bisa, karena soffell memiliki kandungan dan aroma wangi yang tidak disukai serangga. Oleskan Soffell ke permukaan kulit secukupnya saja. Sebaiknya, gunakan lotion anti nyamuk ini di area kulit yang tidak terlindungi oleh pakaian. Dengan begitu, kulit bisa terlindungi dari gigitan semut api.

2. Gunakan Pakaian Tertutup

Jika Kamu sudah berencana untuk bepergian ke tempat tertentu yang kemungkinan banyak dihuni serangga, maka sebaiknya persiapkan diri dengan menggunakan pakaian tertutup. Pastikan untuk menutupi kulit yang berisiko digigit oleh serangga. Misalnya dengan mengenakan pakaian dan celana lengan panjang, menggunakan kaos kaki serta sepatu. Pakaian yang tertutup akan memberikan perlindungan lebih maksimal dari gigitan serangga, termasuk semut api. Untuk menyempurnakan perlindungan, Kamu bisa menarik kaos kaki ke bagian atas celana serta menyelipkan baju ke dalam celana.

3. Kurangi Menggunakan Wewangian

Siapa sangka jika wewangian ternyata sangat menarik perhatian serangga, termasuk semut. Fakta menyebutkan bahwa serangga cukup tertarik dengan wangi-wangian yang berasal dari parfum, deodoran, sabun, dll. Namun, ini bukan berarti Kamu dilarang menggunakan wewangian tersebut sama sekali. Kamu boleh tetap menggunakan produk tersebut asalkan tidak berlebihan. Menggunakan wewangian secara berlebihan hanya akan mengundang serangga untuk mendekat.

4. Hindari Sarang Semut Api

Sarang semut memang sangat perlu untuk diwaspadai. Perlu diketahui bahwa salah satu tanda bahwa ada semut api di sekitar kita adalah keberadaan gundukan besar yang biasanya terletak pada area yang luas.

Taman rumah atau halaman rumah bisa menjadi area ditemukannya sarang semut api. Bentuknya tampak seperti bukit dan terbuat dari pasir. Jika menemukan gundukan tersebut, sebaiknya jangan berani mendekat apalagi berusaha merusaknya. Pasalnya, hal itu bisa memicu ratusan semut api keluar dari sarang dan menyerang lewat gigitan ganasnya.

5. Hindari Hal-Hal yang Memicu Datangnya Semut Api

Agar tidak digigit semut api, maka cara terbaik adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa memicu datangnya semut api ke rumah. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan lantai dan meja dapur dari sisa makanan atau minuman manis, mengelola sampah dengan baik, serta mencuci pakaian kotor dengan segera. Selain itu, sebaiknya batasi akses semut api yang akan mask ke dalam rumah dengan cara menutup lubang pada dinding.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kulit terhindar dari gigitan semut api yang membuat kesakitan. Jika di lingkungan rumah terdapat gundukan atau sarang semut, sebaiknya jangan coba-coba untuk membasminya sendiri. Apalagi jika ukurannya sudah besar atau tinggi. Gunakan jasa pembasmi semut api agar lebih aman.