Cerita Soffell

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami

Soffell - Nyamuk merupakan jenis serangga yang sudah tidak asing lagi bagi manusia. Kehadiran nyamuk sering dirasakan mengganggu kehidupan masyarakat. Sejumlah nyamuk yang berputar-putar mengelilingi telinga, tentu sangat mengganggu dan menimbulkan kebisingan. Selain itu, gigitan nyamuk pun dapat menyebabkan alergi dan gatal-gatal.

Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit korban, akan merangsang tubuh mengeluarkan benda asing berupa bentol-bentol serta rasanya gatal. Nyamuk juga memiliki peran sebagai vektor atau penular penyakit berbahaya bagi manusia. Misalnya saja, penyakit malaria, demam berdarah, serta kaki gajah. Untuk itu, Kamu wajib melakukan langkah pencegahan agar terhindar dari berbagai hal merugikan yang berasal dari gigitan nyamuk ini.

Mengenal Tempat Nyamuk Bersarang dan Berkembangbiak

Tempat yang disukai nyamuk untuk berkembang biak adalah genangan-genangan air. Bukan hanya di genangan air yang kotor, nyamuk juga bisa hidup dan berkembang biak dalam genangan air yang bersih.

Selain di luar rumah, nyamuk juga dengan leluasa dapat masuk ke dalam rumah. Biasanya, setelah menghisap darah nyamuk akan beristirahat di sekitaran tempat yang berbau manusia, seperti pada pakaian yang menggantung di balik pintu atau di kolong-kolong tempat tidur.

Nyamuk juga sangat mungkin berkembangbiak dengan menetaskan telurnya di tempat penampungan air yang ada di dalam rumah. Beberapa wadah yang menyimpan air bisa digunakan nyamuk untuk berkembangbiak dengan leluasa, seperti bak kamar mandi, vas bunga yang berisi air, sampai wadah yang menjadi tempat minum hewan peliharaan pun bisa digunakan nyamuk untuk berkembangbiak.

Sementara itu, di luar rumah nyamuk bisa memanfaatkan segala tempat untuk berkembang biak. Semua tempat yang memiliki genangan air akan menjadi tempat favorit bagi nyamuk untuk bersarang dan meletakan telur-telurnya. Jadi, tidak heran jika perkembangbiakan nyamuk sangatlah pesat.

Cara Mudah Mengusir Nyamuk Secara Alami

Berbagai cara mengusir nyamuk telah dilakukan oleh masyarakat. Sebagian orang ada yang memakai obat nyamuk bakar, obat semprot, lotion anti nyamuk, maupun obat nyamuk elektrik. Umumnya, bahan aktif yang digunakan dalam obat nyamuk dapat mematikan nyamuk dengan cepat. Namun, jika pemakaian obat nyamuk tidak benar, tentu akan membahayakan kesehatan

Jika ingin lebih aman, Kamu juga bisa mengusir nyamuk dengan cara alami, loh. Selain aman bagi kesehatan, bahan-bahan alami yang digunakan juga cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Nah, apa saja bahan alami tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Kulit batang duku

Kulit batang duku mengandung senyawa triterpen, berupa asam langsat dengan kadar 15%. Batang duku dapat digunakan untuk mencegah penularan penyakit malaria dari nyamuk Anopheles sp. Caranya adalah dengan merebus batang kulit duku. Nah, air rebusan batang duku inilah yang bisa Kamu gunakan sebagai sediaan anti nyamuk semprot cair.

2. Bawang putih

Bahan alami berwarna putih ini tentu sudah tidak asing lagi bukan? Selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak, bawang putih juga memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk. Dengan kandungan senyawa terpenoid dan bau khas yang dimilikinya, pasti akan langsung membuat nyamuk-nyamuk nakal menghindar.

Caranya adalah dengan merebus sejumlah bawang putih dengan air mendidih. Air rebusannya kemudian dijadikan sebagai sediaan spray anti nyamuk. Meski bau bawang putih cukup menyengat, namun cara ini dijamin ampuh untuk mengusir nyamuk.

3. Daun kemangi

Bahan yang umumnya digunakan sebagai lalaban pelengkap sambal ini, ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk alami. Hal ini karena daun kemangi memiliki aroma yang sangat khas. Aroma khas daun kemangi berasal dari kandungan sitral. Air rebusan daun kemangi bisa dijadikan sebagai spray anti nyamuk. Selain itu, tanaman daun kemangi juga bisa dipajang sebagai tanaman hias untuk mengusir nyamuk.

4. Rosemary

Mungkin sebagian orang tidak terlalu mengenal tanaman rosemary. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Rosemary memiliki wewangian pinus yang tajam. Aroma rosemary yang cukup tajam, dapat digunakan sebagai anti nyamuk. Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, Kamu bisa menanam tanaman rosemary di halaman rumah.

5. Serai

Sereh atau serai merupakan tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Serai memiliki kandungan minyak atsiri, yaitu sitronela yang tidak disukai oleh nyamuk. Baik minyak ataupun tanaman serai, dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Serai dapat disimpan di wadah terbuka dan disimpan di area yang menjadi sarang nyamuk.

6. Lavender

Tumbuhan yang berasal dari wilayah selatan laut tengah ini banyak digunakan sebagai tanaman hias, bahan kuliner, dan ekstrak minyak esensial. Bunga lavender mengeluarkan aroma wangi. Bunga ini juga dapat digunakan dengan cara digosok-gosok ke tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk. Selain itu, tumbuhan lavender juga dapat ditanam dan diletakkan di sudut-sudut rumah untuk mengusir keberadaan nyamuk.

Itulah beberapa bahan alami yang dipercaya mampu mengusir nyamuk secara alami. Bahan yang digunakan tentunya mudah didapatkan dan lebih aman serta tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, penting juga untuk rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal, sehingga tidak menjadi sarang nyamuk untuk berkembangbiak.