Cerita Soffell

Biarkan Anak-anak Mandi Hujan, Ternyata Banyak Manfaatnya

Soffell - Para orang tua umumnya tidak suka jika anaknya main hujan-hujanan. Padahal, biasanya anak sangat suka jika mandi hujan. Sayangnya, banyak orang tua tidak memperbolehkan si kecil bermain air hujan karena takut sakit atau tidak enak badan. Tidak salah memang. Namun, apakah anak-anak memang sama sekali tidak boleh bermain hujan-hujanan?

Sebenarnya, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk membiarkan anaknya bermain hujan-hujanan. Namun, pastikan si kecil sedang dalam kondisi fit. Pasalnya, ternyata banyak orang tua yang belum tau bahwa banyak manfaat tersembunyi dari bermain air hujan. Lalu, apa saja manfaat mandi hujan bagi anak-anak?

Inilah Beberapa Manfaat Mandi Hujan Bagi Anak-Anak

1. Melatih Keseimbangan

Siapa sangka jika anak-anak yang sering bermain hujan bisa dipastikan mempunyai tingkat keseimbangan yang tinggi dibandingkan anak lainnya. Pasalnya, mereka terbiasa untuk berjalan atau melangkah di jalur atau area yang licin. Ketika hujan turun, air hujan akan membasahi lingkungan sekitar. Nah, di sinilah si kecil mulai belajar untuk menguji jalur licin tersebut. Sebelum memutuskan untuk menginjaknya, si kecil akan menguji terlebih dahulu dan memilih untuk melewati genangan air yang lebih dangkal. Dari sinilah keseimbangan anak akan dilatih.

2. Menyukai Alam Lingkungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak yang terbiasa bermain di alam terbuka pasti akan memiliki hubungan lebih kuat dengan lingkungan atau alam di sekitarnya. Termasuk saat mereka bermain hujan-hujanan. Anak-anak akan mempunyai rasa kebahagiaan lebih tinggi saat beraktivitas di alam. Mereka juga akan lebih berani untuk mengeksplorasi hal-hal baru.

3. Melatih Mandiri dan Tanggungjawab

Saat hujan mulai turun, jangan langsung menyuruh anak untuk masuk ke rumah. Tidak ada salahnya jika sesekali orang tua ikut melibatkan anaknya untuk mengangkat jemuran atau mengambil beberapa barang di luar rumah yang bisa rusak jika terkena air hujan. Dengan melatih si kecil untuk membantu membereskan itu semua, maka mereka akan terbiasa membantu orang lain. Mereka juga dilatih untuk memiliki rasa tanggungjawab serta lebih mandiri.

4. Mengenal Lebih Banyak Tenang Sains

Tentu saja, hujan sangat berkaitan erat dengan sains. Biasanya, anak-anak juga sangat penasaran dengan hal-hal berbau sains, terutama yang berhubungan dengan peristiwa alam. Oleh karena itu, di sini orang tua bisa mengenalkan pengetahuan baru tentang hujan berdasarkan ilmu sains. Cukup jelaskan tentang hujan secara sederhana saja. Misalnya, dari mana air hujan tersebut berasal, munculnya pelangi setelah hujan, reaksi dari tumbuhan jika terkena air hujan, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, maka anak-anak bukan hanya senang saat bermain air hujan, mereka juga sekaligus mendapatkan pengetahuan baru.

5. Menajamkan panca indra

Bermain hujan-hujanan ternyata juga bisa membuat panca indra anak-anak semakin tajam. Saat mandi hujan, anak-anak akan mulai mengenali bagaimana aroma air hujan saat turun, bunyi hujan, aroma tanah, serta melihat bagaimana reaksi alam serta hewan di sekitar yang terkena air hujan. Bukan hanya menajamkan panca indra, anak-anak juga akan memiliki empati dan kepekaan lebih tinggi untuk bekal hidupnya nanti.

Itulah beberapa manfaat mandi hujan bagi anak-anak. Meski banyak sekali manfaatnya, namun orang tua tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengizinkan si kecil bermain hujan-hujanan. Pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi tubuh anak sedang fit.

Selain itu, pakaikan jas hujan serta sepatu anti air agar anak tidak kedinginan. Jika hujan sedang sangat deras disertai petir, sebaiknya jangan izinkan anak bermain hujan. Setelah selesai bermain hujan-hujanan, pastikan si kecil segera mandi menggunakan air hangat.