Cerita Soffell

Beberapa Buah yang Cocok untuk Penderita DBD

Soffell - Demam berdarah menjadi penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti betina ini akan menyebabkan penderita mengalami demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri otot, hingga mual. Karena kondisi akan menyebabkan hilangnya nafsu makan, maka penderita pun akan menjadi lemas.

Meski nafsu makan menurun, namun penderita DBD disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi, agar kondisi tubuh segera pulih dan tidak semakin memburuk. Buah bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita DBD. Nah, apa saja jenis buah yang bagus untuk penderita DBD?

Ini Dia, 5 Buah Terbaik Untuk Pasien Demam Berdarah

Sama seperti beberapa jenis penyakit lainnya, jenis makanan yang dikonsumsi oleh penderita DBD juga perlu diperhatikan. Mengonsumsi buah dipercaya bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit DBD yang dialami oleh seseorang. Nah, berikut ini adalah beberapa buah yang bagus untuk dikonsumsi pasien DBD:

1. Buah Jeruk

Buah pertama yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit DBD adalah buah jeruk. Buah ini bisa langsung dikonsumsi ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus. Seperti yang kita tau bahwa buah jeruk ini sangat kaya akan kandungan vitamin C.

Nah, vitamin C inilah yang akan membantu tubuh dalam meningkatkan produksi antibodi. Dengan antibodi yang tinggi, maka tubuh bisa pulih dengan lebih cepat. Selain itu, buah jeruk juga dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan yang seringkali dialami oleh penderita DBD. Sehingga, kesehatan sistem pencernaan bisa meningkat.

2.  Buah Pepaya

Buah pepaya menjadi sumber asam folat (Vitamin B9) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi trombosit darah. Saat mengalami demam berdarah, jumlah trombosit di dalam tubuh akan menurun. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi trombosit sangat disarankan bagi penderita DBD. Nah, buah pepaya inilah salah satunya.

Dengan kadar trombosit yang meningkat, maka pasien DBD bisa lebih cepat untuk pulih. Pepaya juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin, B3, vitamin B5, vitamin E, vitamin K, magnesium, dan Kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan.

3. Buah Pisang

Kandungan nutrisi buah pisang memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah ini mengandung vitamin C sebanyak 10.3 mg yang sangat baik untuk penderita DBD. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan protein, folat, potasium, dan beta karoten yang dapat membantu meningkatkan kesehatan.

4. Buah Jambu Biji

Tidak kalah dengan jeruk, kandungan vitamin C pada jambu biji juga cukup tinggi. Bahkan, diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam buah jambu jumlahnya empat kali lebih banyak dari buah jeruk. Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi inilah, buah jambu biji sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien DBD.

Selain mengandung vitamin C, jambu biji juga mengandung vitamin A dan vitamin B6. Kombinasi kedua vitamin ini, dapat membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh penderita DBD. Sehingga, tubuh menjadi tidak lemas dan lebih bertenaga. Dengan sistem imun yang baik, pasien DBD pun bisa lebih cepat pulih dan sehat kembali.

5. Buah Mangga

Siapa yang tidak suka dengan buah mangga? Selain memiliki rasa yang sangat enak, buah mangga juga mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Bahkan, kandungan vitamin di dalamnya pun sangat lengkap, di antaranya adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan asam folat atau vitamin B9.

Karena mengandung vitamin yang sangat lengkap, maka buah mangga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami DBD. Vitamin bisa membantu tubuh dalam memproduksi trombosit. Sehingga, jumlah trombosit yang menurun saat mengalami DBD, bisa kembali normal dengan mengonsumsi buah ini.

Itulah 5 jenis buah dengan kandungan nutrisi lengkap yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pasien DBD. Mengonsumsi berbagai buah yang disebutkan di atas, akan membantu meningkatkan sistem imun dan menambah jumlah trombosit. Tubuh penderita demam berdarah pun akan lebih cepat mengalami pemulihan.