Cerita Soffell

Tips Naik Gunung untuk Kamu yang Masih Pemula

Soffell - Gunung menjadi salah satu spot wisata yang paling diburu oleh anak muda. Hampir setiap waktu, banyak pendaki yang mencoba menaklukan berbagai gunung yang ada di Indonesia. Mulai dari pendaki profesional hingga pendaki pemula. Bagi pendaki pemula, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Pasalnya, untuk bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas gunung bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus disiapkan agar pendakian pertama bisa sukses sesuai harapan. Lantas, apa saja tips naik gunung bagi para pemula?

Ini Dia, Tips Naik Gunung Bagi Kamu yang Masih Pemula

1. Latihan Otot Kaki dan Keseimbangan

Kondisi fisik wajib diprioritaskan oleh para pendaki pemula. Bukan hanya kondisi tubuh yang sehat saja, fisik juga benar-benar harus kuat. Pasalnya, mendaki gunung sangat membutuhkan tenaga serta ketahanan tubuh yang tinggi. Maka dari itu, lakukan latihan otot kaki serta keseimbangan sebelum melakukan pendakian. Melatih otot kaki penting karena mendaki akan cukup melelahkan. Selain itu, latihan keseimbangan juga perlu dilakukan karena akan melewati trek yang cukup sulit di pegunungan.

2. Siapkan Semua Peralatan yang Dibutuhkan

Mendaki gunung artinya harus mempersiapkan semua peralatan yang benar-benar dibutuhkan. Selain wajib membawa stok makanan, ada beberapa peralatan lain yang tak boleh ketinggalan. Jaket, tutup kepala, sarung tangan, sepatu gunung, tas besar dan kecil, kaos kaki, senter, matras, dan beberapa benda penting lainnya adalah perlengkapan yang wajib dibawa. Untuk lebih lengkapnya, sebaiknya diskusikan dengan teman mendaki Kamu.

3. Jangan Sungkan Jika Ingin Meminta Istirahat Dulu

Kekuatan mendaki pada pendaki pemula dan profesional tentu berbeda. Oleh karena itu, pendaki pemula sebaiknya harus benar-benar kuat selama melakukan pendakian. Jika sudah merasa sedikit lelah, jangan memaksakan fisik. Mintalah teman pendaki lainnya untuk beristirahat sejenak. Biasanya, banyak pendaki pemula yang merasa malu jika meminta waktu untuk istirahat karena takut dianggap cupu. Padahal, fisik tidak boleh dipaksakan. Dengan beristirahat sejenak, maka tenaga dan konsentrasi akan bertambah kembali.

4. Jangan Pernah Mengeluh Selama Perjalanan

Biasanya, banyak pendaki pemula yang banyak mengeluh selama melakukan perjalanan pendakian. Namun, hal ini adalah sia-sia dan sebaiknya tidak perlu dilakukan. Mengeluh hanya akan membuat perjalanan jadi semakin melelahkan. Padahal, seharusnya perjalanan mendaki hal ini bisa membuat hati jadi happy.

Cobalah untuk menikmati suasana alam sekitar saat melakukan pendakian. Nikmati setiap perjalanan sampai akhirnya nanti sampai di puncak pendakian. Berbeda dengan menikmati keindahan wisata lainnya, menikmati keindahan pemandangan dari atas gunung memang membutuhkan perjuangan dan kesabaran yang luar biasa.

5. Patuhi Petunjuk dan Instruksi

Bagi pemula maupun profesional, mematuhi petunjuk dan instruksi pendakian adalah hal yang wajib dilakukan. Perhatikan setiap instruksi yang diberikan oleh petugas pendakian. Hal ini bertujuan demi kelancaran perjalanan pendakian. Jadi, pastikan untuk tidak egois dengan melakukan tindakan semaunya sendiri tanpa memperhatikan petunjuk atau instruksi dari petugas pendakian.

Nah, itulah beberapa tips untuk Kamu yang masih pemula dalam melakukan pendakian. Dengan menerapkan kelima tips di atas, maka perjalanan pendakian yang akan Kamu lakukan bisa lebih lancar, terhindar dari halangan, dan bisa berjalan sesuai dengan harapan. Nikmati perjalanan pendakian yang akan Kamu lakukan, dijamin Kamu akan ketagihan dengan menikmati keindahan pesona alam dari atas pegunungan.

Biasanya di daerah pegunungan banyak sekali nyamuk. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu memakai dan membawa Soffell lotion anti nyamuk yang terbukti ampuh melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Soffell tersedia dalam kemasan botol dan saset yang bisa kamu bawa pada saat naik gunung. Naik gunung jadi lebih enjoy tanpa takut digigit nyamuk.