Cerita Soffell

Tips Mudah Membuat Lotion Anti Nyamuk Alami untuk Bayi

Soffell - Nyamuk merupakan hewan kecil yang bisa menjadi penyebar aneka jenis penyakit, seperti malaria, demam berdarah, serta chikungunya. Mencegah gigitan nyamuk pada kulit bayi sebenarnya cukup praktis menggunakan obat anti nyamuk yang dijual di pasaran. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sebagian besar obat anti nyamuk dibuat dari bahan insektisida, seperti DEET.

Meski sebenarnya aman digunakan, namun lebih baik menghindari produk dari bahan kimia karena kulit si kecil masih cukup sensitif. Sebagai gantinya, sebaiknya buatlah lotion anti nyamuk yang dibuat dari bahan-bahan alami. Tentu saja, ini akan lebih aman dibandingkan menggunakan produk dari bahan kimia. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Ini Dia Cara Membuat Lotion Anti Nyamuk dari Bahan Alami untuk Bayi

Salah satu jenis bahan alami yang mempunyai potensi sebagai anti nyamuk adalah minyak serai wangi atau disebut dengan citronella oil. Daun serai dikenal sebagai bahan penyedap makanan karena aromanya yang sangat wangi. Aroma daun serai yang kita sukai, ternyata sangat tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu, aroma dari daun serai wangi bisa dimanfaatkan sebagai penangkal nyamuk alami.

Sejauh ini, minyak serai wangi juga sudah banyak digunakan dalam bidang kosmetik, seperti lotion kulit, parfum, dan sabun. Tentunya, penggunaan daun serai sebagai lotion anti nyamuk pada bayi jauh lebih aman dibandingkan produk penangkal nyamuk dari bahan-bahan kimia.

Cara pembuatan lotion anti nyamuk dari minyak serai wangi pun cukup mudah dilakukan dan bisa dibuat sebagai pemakaian pribadi untuk keluarga di rumah. Berikut cara membuat obat anti nyamuk dari danu serai wangi:

  1. Siapkan daun serai wangi yang masih segar. Usahakan untuk menggunakan daun serai yang baru saja dipetik.
  2. Potong daun serai wangi menjadi tipis-tipis dan halus.
  3. Cuci daun serai tersebut sampai benar-benar bersih.
  4. Keringkan di bawah sinar matahari sampai daun serai wangi agak kering.
  5. Rendam potongan daun serai wangi yang sudah kering minimal selama 24 jam atau sehari.
  6. Saring air rendaman daun serai wangi tersebut. Buang sisa daun serainya.
  7. Masukkan ekstrak serai wangi ke dalam botol atau wadah khusus yang bersih

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka ekstrak daun serai wangi sudah bisa diaplikasikan sebagai penangkal nyamuk. Ekstrak serai wangi bisa digunakan dengan cara disemprotkan ke ruangan atau sudut-sudut yang dihuni oleh banyak nyamuk. Selain itu, bisa juga diaplikasikan dengan cara dispray atau disemprotkan ke bagian tubuh. Namun, cukup gunakan sedikit saja dan jangan terlalu banyak.

Selain daun serai wangi, ada juga beberapa bahan alami lainnya dengan sifat yang sama, yaitu bisa berperan sebagai penangkal nyamuk. Bahan alami tersebut diantaranya adalah bunga lotus, daun minyak kayu putih, kulit jeruk, kayu manis, dan daun kemangi. Bahan alami tersebut mengandung senyawa tertentu dengan aroma yang kuat dan tidak disukai nyamuk. Sehingga, nyamuk akan menghindar dari tubuh atau ruangan yang beraroma bahan-bahan alami tersebut.

Membuat lotion anti nyamuk dari bahan alami memang cukup mudah dilakukan. Selain itu, produk yang bisa dibuat sendiri di rumah ini juga dipastikan lebih aman untuk digunakan. Baik untuk si kecil atau untuk anggota keluarga lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai beralih menggunakan bahan-bahan alami sebagai penangkal nyamuk. Selain bertujuan untuk lebih menjaga kesehatan, membuat anti nyamuk dari bahan alami juga dipastikan lebih hemat.

Buat kamu yang sudah dewasa dan tidak mau ribet, bisa menggunakan lotion anti nyamuk Soffel yang sudah terbukti ampuh melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Soffell tersedia dalam kemasan botol dan saset sehingga mudah dibawa kemana-mana.