Cerita Soffell

Tips Menggunakan Lotion Anti Nyamuk untuk Kulit sensitif

Soffell - Perlu diketahui bahwa lotion anti nyamuk adalah produk yang mengandung bahan kimia seperti DEET dan picaridin. Keduanya berfungsi sebagai pertanda ketahanan lotion atau membuat peran lotion lebih tahan lama. Kedua bahan kimia inilah yang seringkali menjadi masalah bagi jenis kulit yang sensitif.

Sebenarnya tidak perlu khawatir untuk menggunakan produk lotion anti nyamuk karena umumnya hanya mengandung DEET dan picaridin dengan kadar yang rendah dan sudah sesuai standar. Sehingga, seharusnya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Meski begitu, cara penggunaan lotion anti nyamuk harus benar-benar diperhatikan. Lantas, bagaimana tips menggunakan lotion anti nyamuk untuk kulit sensitif?

Ini Dia, Tips Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Agar Aman untuk Kulit Sensitif

1. Pilih lotion dengan kandungan yang aman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sebagian besar produk anti nyamuk mengandung DEET dan picaridin, namun dengan kadar yang berbeda-beda. Sebagai pemilik kulit sensitif, sebaiknya Kamu memilih produk dengan kadar DEET dan picaridin yang tidak terlalu tinggi. Cari tahu apakah produk Kadar DEET dan picaridin pada lotion anti nyamuk tersebut sudah memenuhi standar atau belum.

Meskipun umumnya aman digunakan, namun lebih baik memilimalisir penggunaan lotion yang mengandung DEET. Sebagai gantinya, pilihlah lotion dengan kandungan anti nyamuk alami seperti minyak esensial. Ini lebih disarankan bagi kulit sensitif karena bisa dipastikan aman. Contohnya adalah rosemary, pappermint, citronella, sereh hijau, dan geranium.

2. Oleskan tipis dan merata

Selain perlu memperhatikan komposisi produk lotion anti nyamuk, cara pemakaian produk tersebut juga harus tepat. Pertama, letakkan sedikit lotion pada telapak tangan, kemudian diusap-usapkan. Selanjutnya, baru oleskan lotion pada telapak tangan ke bagian tubuh yang ingin terlindung dari gigitan nyamuk, misalnya tangan dan kaki.

Sebaiknya, jangan gunakan lotion terlalu banyak. Cukup oleskan secara tipis saja dan pastikan penggunaannya merata. Setelah mengoleskan lotion ke tubuh, segera cuci tangan untuk menghindari sisa lotion menempel pada mulut, mata, atau hidung saat menyentuhnya.

3. Tidak perlu digunakan pada tubuh yang tertutup pakaian

Mengingat bahwa sifat kulit yang sensitif, maka pemakaian lotion anti nyamuk tidak perlu terlalu banyak. Sebaiknya, cukup oleskan lotion pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian saja, seperti tangan dan kaki. Sementara bagian tubuh yang sudah terlindungi oleh pakaian, tidak perlu dioleskan lotion.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa mengoleskan lotion ke seluruh area tubuh perlu dilakukan agar perlindungannya lebih maksimal. Namun, kesalahan ini sebaiknya perlu dihindari. Ingat bahwa mengoleskan lotion ke seluruh tubuh sama artinya dengan semakin banyak zat kimia yang bisa diserap oleh tubuh. Hal ini akan meningkatkan risiko kulit mengalami iritasi. Oleh karena itu, gunakan di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian saja.

4. Hindari selaput lendir dan kulit terluka

Produk lotion anti nyamuk dengan kandungan DEET sebenarnya tetap aman digunakan untuk kulit sensitif asalkan pemakaiannya mematuhi aturan. Nah, salah satu aturan yang tidak boleh dilanggar adalah jangan mengoleskan lotion di bagian kulit yang terluka atau terbakar matahari. Selain itu, hindari kulit yang dekat dengan selaput lendir, seperti mulut dan hidung. Dengan begitu, maka lotion akan tetap aman digunakan.

Itu dia beberapa tips pemakaian lotion anti nyamuk agar tetap aman digunakan untuk kulit sensitif. Sebelum menggunakan sebuah produk lotion anti nyamuk, sebaiknya lakukan percobaan terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit lotion ke kulit. Jika tidak ada reaksi iritasi, maka produk tersebut aman untuk digunakan.