Cerita Soffell

Tips Bebas Nyamuk Ketika Naik Gunung

Soffell - Kegiatan di luar ruangan, seperti berkemah atau mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Sebelum melakukan perjalanan ini, tentunya banyak persiapan yang dilakukan dengan baik. Mulai dari persiapan fisik hingga persiapan logistik.  Jangan sampai naik gunung hanya dengan modal nekat tanpa ada persiapan, karena ini sangat berbahaya.

Bahaya di perjalanan tidak hanya berasal dari keteledoran pendaki yang tidak siap. Tetapi, bisa juga berasal dari faktor luar, seperti cuaca yang tidak mendukung, jalan yang terjal, dan bahkan gangguan dari hewan-hewan yang ada di sepanjang perjalanan, seperti lintah, semut, kutu, nyamuk hingga hewan buas yang ada di hutan.

Salah satu hewan yang pasti ada dan selalu mengganggu adalah nyamuk. Nyamuk meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, tetap saja bisa menjadi hewan pengganggu selama melakukan perjalanan mendaki gunung. Maka dari itu, perlu langkah antisipasi agar perjalanan naik gunung bebas dari gigitan nyamuk.

Tips Bebas dari Gigitan Nyamuk saat Mendaki Gunung

Nyamuk adalah hewan yang bisa ditemukan dimana saja termasuk juga di gunung. Apalagi nyamuk yang ada di gunung memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan gigitan yang lebih sakit dibandingkan dengan nyamuk yang biasa ditemukan di perumahan.

Oleh karena itu, ketika melakukan kegiatan di luar ruangan seperti berkemah atau naik gunung, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari gigitan nyamuk. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan pendaki agar terbebas dari gigitan nyamuk.

1. Menggunakan lotion anti-nyamuk

Lotion anti-nyamuk menjadi salah satu barang yang wajib dibawa ketika naik gunung. Hal ini mengingat bahwa gigitan nyamuk bisa mengancam dan sangat mengganggu di sepanjang perjalanan. Penggunaannya cukup praktis, yaitu hanya dengan mengoleskannya ke seluruh tubuh. Pemakaian lotion anti nyamuk akan membantu mengusir nyamuk dengan cepat dan pendakian dapat dilanjutkan dengan tenang.

2. Tidak memakai pakaian yang tipis

Ketika naik gunung, pendaki disarankan untuk tidak menggunakan baju tipis. Hal ini dikarenakan udara di gunung saat siang hari cenderung terasa sejuk, sedangkan di malam hari bisa sangat dingin. Selain karena udara yang dingin, baju tipis juga tidak disarankan untuk dipakai saat mendaki karena nyamuk mudah untuk menembus bahannya. Agar terhindar dari udara dingin yang menusuk dan gigitan nyamuk, gunakan jaket tebal dan juga celana yang panjang.

3. Menggunakan kaos yang berwarna terang

Pendaki gunung sebaiknya menggunakan baju berbahan kaos yang dapat menyerap keringat. Selain itu, perlu juga menggunakan kaos berwarna terang. Bukan hanya karena agar lebih mudah terlihat oleh pendaki lain, kaos terang juga dapat membantu terhindar dari nyamuk. Perjalanan jadi nyaman, aman, dan bebas dari gigitan nyamuk.

4. Tidak menggunakan parfum

Tips penting lain yang perlu diketahui oleh pendaki adalah tidak menggunakan parfum selama pendakian. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan parfum bisa mengundang serangga termasuk nyamuk yang ada di sekitar gunung untuk mendekat dan mengikuti ke mana pun pendaki pergi. Tentu hal ini akan sangat mengganggu perjalanan.

5. Membakar bunga kluwih atau kain

Walaupun lotion anti-nyamuk sudah menjadi barang wajib yang dibawa pendaki, tidak menutup kemungkinan lotion anti-nyamuk ini tertinggal dan lupa dibawa atau mungkin habis di tengah perjalanan. Tapi tidak perlu khawatir, karena ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi dan mengusir nyamuk.

Cara ini adalah dengan membakar bunga kluwih. Jika bunga kluwih tidak juga ditemukan, maka bisa juga dengan membakar kain yang sebelumnya telah dilumuri dengan minyak tanah. Baik bunga kluwih maupun kain yang dibakar ini berfungsi sebagai pengganti obat nyamuk bakar.

Cara lain yang juga bisa dilakukan pendaki adalah mengoleskan minyak tanah ke bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Jika sudah terlanjur digigit nyamuk, maka bisa basuh kulit yang digigit nyamuk dengan air atau garam. Tentunya, barang-barang seperti minyak tanah, air, garam, dan korek tidak boleh sampai ketinggalan saat akan melakukan pendakian ya!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika akan naik gunung agar terbebas dari gigitan nyamuk. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan pendakian sebelum naik gunung. Dengan begitu, maka pendakian bisa berjalan dengan lancar, aman, dan menyenangkan.