Cerita Soffell

Mengasah Kreatifitas Anak dengan Bermain di Luar

Soffell - Bermain di luar rumah bersama anak tentu akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain akan menciptakan kegembiraan, momen bermain dengan anak juga bisa menjalin interaksi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Ada banyak sekali jenis permainan anak yang bisa dilakukan di luar rumah, sehingga anak tidak akan bosan dengan pilihan permainan yang dilakukan. Lalu, apa saja rekomendasi kegiatan untuk mengasah kreativitas anak dengan bermain di luar rumah?

Ini Dia, Rekomendasi Permainan di Luar Rumah untuk Mengasah Kreativitas Anak

1. Bermain Petak Umpet

Petak umpet merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat popular hingga saat ini. Permainan ini sangat seru jika dimainkan ramai-ramai di luar rumah. Sederhananya, petak umpet dimainkan dengan cara menugaskan satu orang sebagai penjaga untuk mencari teman-temannya yang bersembunyi. Penjaga harus menutup mata dan menghitung selama 1 – 10 sampai teman-teman lainnya selesai bersembunyi.

Permainan petak umpet bisa mengajarkan anak untuk mengenal lingkungan di sekitarnya. Bukan hanya itu, si kecil juga akan terlatih untuk mengingat postur badan atau pakaian yang dikenakan oleh teman-temannya. Sebagai pihak yang bersembunyi, anak akan belajar untuk menemukan titik atau tempat yang sulit untuk dideteksi. Baik memilih arena yang warnanya serupa atau pun area yang gelap dan tidak mudah terlihat.

2. Masuk dan Keluar Lingkaran

Permainan ini cocok dimainkan oleh si kecil bersama dengan teman-temannya. Termasuk permainan sederhana, namun bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk mengembangkan kreativitas si kecil. Konsep permainan ini adalah anak-anak harus mendengarkan aba-aba atau arahan yang disampaikan oleh orang tua. Arahan tersebut bisa berupa masuk atau pun keluar lingkaran dengan cara melompat bersama-sama.

Cara bermainnya adalah dengan membuat lingkaran dengan tongkat kayu di halaman rumah. Selanjutnya, anak-anak berdiri di luar lingkaran tersebut. Anak-anak harus mendengarkan arahan dengan cermat. Jika mendengar kata ‘masuk’, maka mereka harus lompat ke dalam lingkaran. Begitu pula sebaliknya jika mendengar kata ‘keluar’. Permainan ini akan melatih anak untuk fokus dan konsentrasi terhadap arahan yang diberikan.

3. Berburu Harta Karun

Harta karun yang dimaksud di sini bisa berupa makanan kesukaan si kecil atau mainan favoritnya. Cara bermainnya adalah dengan menyembunyikan makanan atau mainan tersebut sebagai harta karun, kemudian si kecil harus bisa menemukan harta karun tersebut. Anak yang berhasil mengumpulkan harta karun terbanyak, maka dia yang akan menjadi pemenangnya. Permainan ini bertujuan untuk melatih kepekaan si kecil serta ketajaman penglihatannya dalam waktu bersamaan.

Itu dia beberapa pilihan permainan yang bisa meningkatkan kreativitas anak. Selain ketiga permainan tersebut, masih banyak jenis permainan seru lainnya yang bisa dilakukan di luar rumah bersama si kecil tercinta. Selain akan membuat anak bahagia, bermain di luar rumah juga akan melatih motoriknya. Anak akan lebih aktif bergerak dan kreativitasnya pun meningkat. Yuk, ajak anak bermain hal-hal positif di luar rumah!

Sebelum mengajak anak bermain di luar rumah, sebaiknya pakai lotion anti nyamuk Soffell terlebih dahulu karena di luar rumah sangat rawan dengan serangan nyamuk. Kulit bebas dari gigitan nyamuk, bermain jadi lebih menyenangkan.