Cerita Soffell

Membuat Lotion Anti Nyamuk dengan Bahan Alami

Soffell - Negara indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dimana berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh nyamuk bisa menjadi kabar yang menggemparkan. Seperti yang kita ketahui bahwa gigitan nyamuk sangat mengganggu kesehatan tubuh, membuat tidak nyaman karena pasti akan menyisakan bekas.

Jangan pernah anggap remeh dengan gigitan nyamuk. Sebab kita tahu bahwa nyamuk suka hidup di tempat yang kotor dan berdebu sehingga ketika nyamuk hinggap maka nyamuk secara langsung sudah memindahkan kotoran kedalam tubuh kita melalui gigitannya. Ditambah lagi ketika dia mulai menggigit dan menghisap darah kita, nyamuk tersebut akan menularkan virus maupun parasit sehingga di beberapa hari kemudian kita akan merasakan gejala berbagai penyakit.

Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Dimana setiap gigitan nyamuk menularkan banyak penyakit, serta apabila tidak dilakukan penanganan yang cepat dan tepat maka akan menyebabkan kritis bahkan kematian.  Adapun beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah sebagai berikut;

?      Zika.

Merupakan penyakit sangat berbahaya dalam spesies ini. Nyamuk jenis ini dapat anda dijumpai di kawasan pegunungan atau hutan, dan untuk kasus gigitan pertama nyamuk ini biasanya banyak ditemukan di kawasan afrika dan sampai saat ini sudah menyebar luas sampai wilayah amerika dan asia Dan tidak menutup kemungkinan di Indonesia juga terdapat jenis ini. Jika anda ingin bepergian ke luar negeri maka tetaplah waspada. Sedangkan  untuk penularan virus ini terjadi antara manusia ke manusia dengan jarak waktu selama satu minggu. Infeksi gigitan nyamuk zika ini biasanya terjadi pada siang hari. Di sisi lain yang harus kita ketahui adalah jika terjadi pada bayi. Gigitan nyamuk ini dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan pada bayi, sehingga perlu cek darah agar mengetahui apakah seseorang tersebut terkena gigitan nyamuk Zika atau tidak

?       Malaria

Siapa yang tidak mengenal jenis penyakit ini. Beberapa dari masyarakat Indonesia sering terjangkit penyakit ini. Jika terkena gigitan nyamuk Malaria mungkin  untuk beberapa waktu efek gigitannya tidak begitu terasa bagi tubuh karena perkembangan nya  bisa di bilang sangat lambat bahkan bisa sampai satu bulan setelah terinfeksi. Disarankan untuk segera konsultasi dengan dokter apabila sudah merasakan gejala dari penyakit ini.  Umumnya jenis nyamuk ini sangat suka berkeliaran di malam hari dan bisa juga memilih berkembang biak di genangan air bersih bahkan habitat dari nyamuk ini adalah hidup di air laut atau rawa. Itu sebabnya perhatikan lingkungan anda karena penting untuk mencegah berkembang nya nyamuk malaria.

Jika Ada penyakit berarti ada juga obat ataupun pencegahan yang bisa dilakukan. Salah satunya pencegahan dengan menggunakan lotion anti nyamuk. Tidak perlu membelinya karena anda bisa membuat Lotion Anti Nyamuk sendiri bahkan dengan menggunakan bahan alami.  Beberapa cara untuk membuat lotion anti nyamuk dari bahan - bahan alami yang dapat kita pergunakan dan sederhana kita dapatkan mendapatkan nya, seperti;

?       Serai

Bagi masyarakat Indonesia pasti nya tidak asing lagi dengan tumbuh yang satu ini, selain dapat menjadi bahan  bumbu dapur, dan memberikan rasa yang enak terhadap masakan, ternyata serai juga  dapat membuat nyamuk tidak betah berlama lama di rumah, karena aroma dari serai ini dapat membuat nyamuk mati dan tak berdaya, dan semakin kering serai semakin bagus khasiat nya untuk mengusir nyamuk.

?      Kulit jeruk.

Sebagai pewangi alami kita tahu jeruk  merupakan buah yang  kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga kesehatan.  Perlu anda ketahui juga di balik khasiat dari buah jeruk ternyata kulit dari buahnya juga  memiliki  aroma yang sangat  tidak disukai nyamuk. Kulit jeruk tentu mudah sekali kita temukan, dan cara ini juga sangat amat aman bagi anak anak. Untuk mendapatkan khasiat nya yaitu membasmi nyamuk  maka kulit jeruk  terlebih dahulu dicuci lalu letakan di area yang menurut anda banyak nyamuk, semakin banyak kulit jeruk yang digunakan akan semakin baik buat kesehatan juga sangat efektif untuk mengusir nyamuk. Jadi kita pun nyaman beraktivitas atau bersantai.

?      Minyak Lavender.

Wewangian yang satu ini juga tidak disukai nyamuk. Kegunaan nya luar biasa selain membuat nyamuk pergi, aroma dari lavender juga sangat bermanfaat seperti dapat menjadi aromaterapi. 

Tidak hanya bahan bahan alami seperti yang disebutkan diatas yang anda juga dapat olah, namun anda juga bisa menggunakan tanam- tanaman yang mungkin membuat nyamuk tidak suka dengan aroma tanaman tersebut, misalnya seperti dengan menanam tumbuhan akar wangi. Dengan begitu anda dapat mengurangi berkembang nya nyamuk di sekitar rumah.

Mudah bukan menjadikan bahan alami sebagai lotion anti nyamuk. Tidak perlu mahal dan semua bahan bakunya juga mudah untuk didapatkan. Namun, jika Anda tidak mau repot, maka bisa menggunakan Soffell lotion anti nyamuk yang sudah terbukti melindungi kulit dari gigitan nyamuk.