Cerita Soffell

Membatasi Penyebaran DBD ( Demam Berdarah) di Dalam Rumah

Soffell - DBD atau demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang saat ini juga ditakutkan banyak orang. Bagaimana tidak, sebab penyakit ini apabila sudah fatal maka akan menimbulkan kematian. Awalnya adalah, ketika tidak mengetahui gejala awalnya dan tidak langsung diobati maka akan menimbulkan pendarahan. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah serta membatasi penyebaran DBD khususnya di dalam rumah ? 

Seperti yang kita ketahui bahwa ada istilah 3M yang dipakai untuk mencegah DBD ini yaitu, menguras, menutup dan mengubur. Sampai sekarang prinsip ini masih tetap dipegang oleh banyak orang. Namun apakah cukup hanya dengan 3 cara tersebut? Prinsip tersebut memang tepat sekali namun yang terpenting adalah jangan sampai kita terkena gigitan nyamuk Aedes aegypti. Supaya tidak terkena pastinya harus memperhatikan lingkungan kita dahulu. Berikut yang dapat kita lakukan;

  1. Membersihkan bak mandi seminggu sekali.

Umumnya genangan air adalah sarang bagi nyamuk untuk tinggal dan berkembang biak. Seperti yang kita ketahui bahwa gigitan nyamuk betina yang biasanya menyebabkan penyakit DBD. Jadi nyamuk betina akan bertelur pada dinding bak kamar mandi dan bertumbuh menjadi nyamuk dewasa. Disinilah sarang nyamuk tersebut. Itulah sebab nya menguras bak mandi seminggu sekali sangat efektif mencegah nyamuk semakin berkembang biak.

  1. Membersihkan tempat penampung air lainnya.

Tidak cukup hanya bak mandi yang harus dibersihkan, namun tempat penampungan air lainnya seperti pot bunga, ember atau aquarium juga harus sering dibersihkan. Untuk pot bunga atau aquarium, bisa mengganti air nya juga. Dan untuk ember serta wadah penampung lainnya usahakan untuk menutup rapat-rapat supaya tidak menjadi sarang nyamuk. Cara ini juga sangat efektif dilakukan untuk membatasi penyebaran terjadinya DBD di rumah.

  1. Jangan menumpuk baju

Sering sekali kita menunda untuk mencuci atau menyetrika bahkan menggantung pakaian. Tapi tahukah anda bahwa kebiasaan ini menyebabkan timbulnya sarang nyamuk yang akhirnya menggigit kita dan menyebabkan DBD. Mengapa nyamuk sangat senang berada di tumpukan baju? Karena ada aroma tubuh kita yang sangat disukai oleh nyamuk. Jika tidak ingin terkena penyakit ini maka mulai sekarang hindarilah menumpuk baju dan simpan di tempat yang bersih.

  1. Fogging

Tahukah anda bahwa melakukan fogging adalah salah satu cara untuk membatasi penyebaran DBD di rumah. Fogging merupakan penyemprotan obat nyamuk yang bisa menjangkau area yang lebih luas. Biasanya kegiatan ini dilakukan antara jam 5.30 pagi dan 6.30 malam karena biasanya nyamuk demam berdarah paling aktif keluar di jam tersebut.

Demikianlah lah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membatasi penyebaran DBD di rumah. Jangan lupa untuk selalu menggunakan lotion anti nyamuk Soffell untuk melindungi kulit tubuh dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa penyakit DBD.