Cerita Soffell

Lindungi Si Buah Hati Dari Serangan Nyamuk DBD dengan Cara Ini

Soffell - Menjaga kesehatan anak adalah yang paling penting, terutama melindunginya dari gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk memang mudah sekali menyebar. Sehingga, para orang tua harus bisa lebih waspada melindungi buah hati dari kemungkinan gigitan nyamuk penyebab penyakit.

Cara paling mudah agar terhindar dari gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan lotion anti-nyamuk. Tapi, penggunaan lotion tidak baik diterapkan untuk bayi yang usianya masih di bawah 2 bulan, karena kulit si kecil yang masih sensitif. Maka dari itu, lebih baik menggunakan cara lain agar si kecil lebih aman dari gigitan nyamuk.

Cara Melindungi Si Kecil dari Ancaman Nyamuk DBD

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk:

1. Rutin membersihkan rumah

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk melindungi anak dari nyamuk DBD adalah menjaga kebersihan rumah. Rumah memang setiap hari selalu dibersihkan, tapi apakah sudah yakin rumah aman dari nyamuk? Untuk itu, pastikan bahwa tidak ada ruang bagi nyamuk untuk berkembangbiak.

Air yang mengalir maupun yang menggenang bisa menjadi sarang nyamuk untuk bertelur. Begitu juga dengan tumpukan baju, tumpukan barang, tumpukan mainan, kolong tempat tidur, tempat yang kurang pencahayaan, dan sudut rumah pun bisa menjadi sarang nyamuk.

Pastikan tempat-tempat tersebut selalu bersih dan bebas dari perkembanganbiakan jentik nyamuk. Kalau bisa, jangan menumpuk barang-barang di rumah agar tidak jadi sarang nyamuk. Untuk penampungan air yang menggenang, ganti dan bersihkan air setiap hari, sikat juga dinding wadah penampungan agar telur nyamuk yang menempel tidak tertinggal.

2. Pilih pakaian yang aman bagi si kecil

Memilih pakaian yang aman untuk si kecil menjadi salah satu cara paling efektif terhindar dari gigitan nyamuk. Pakaian yang aman untuk anak adalah baju dan celana panjang. Hal ini meminimalkan terbukanya area kulit yang bisa menjadi incaran gigitan nyamuk terlebih saat tidur.

Pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang nyaman, dingin, menyerap keringat, dan memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Selain dari bahan pakaian, warna pakaian juga berpengaruh. Sebaiknya, pilih warna-warna cerah untuk buah hati, karena warna gelap bisa menarik perhatian nyamuk.

3. Pastikan area bermain anak bebas dari nyamuk

Bermain menjadi salah satu kegiatan yang selalu dilakukan si buah hati. Untuk itu, pastikan area bermain bebas dari nyamuk. Area bermain bisa ditempatkan di daerah yang kering, jauh dari genangan air, dan tidak terlalu panas terkena sinar matahari. Jangan letakkan wadah apapun yang bisa menampung air di dekat area bermain anak.

4. Pasang kasa nyamuk di ventilasi rumah

Jika cara di atas belum juga berhasil mengusir nyamuk, maka cara selanjutnya adalah dengan memasang kasa atau kawat anti-nyamuk di jendela dan ventilasi ruangan. Lubang kecil pada kasa ini akan sulit ditembus nyamuk, sehingga nyamuk tidak bisa mengganggu si kecil di dalam rumah. Akan tetapi, karena kasa ini mudah mengumpulkan debu, maka harus sering dibersihkan.

5. Gunakan obat pembasmi nyamuk yang aman

Obat pembasmi nyamuk memiliki berbagai jenis, seperti obat nyamuk elektrik, obat nyamuk bakar, spray, dan jenis lainnya. Jika akan menggunakan obat pembasmi nyamuk, pastikan tidak menggunakannya secara berlebihan dan jauhkan anak ketika sedang membakar atau menyemprotkannya. Jenis obat nyamuk yang paling aman untuk si kecil adalah yang bersifat elektrik.

6. Gunakan kelambu pada tempat tidur si kecil

Meski terdengar kuno, namun pemakaian kelambu terbukti ampuh untuk melindungi si kecil dari gigitan nyamuk. Cara ini sangat efektif untuk mencegah nyamuk mendekati si kecil. Pasang kelambu di tempat tidur buah hati, maka buah hati tersayang bisa tidur dengan nyaman tanpa khawatir ada nyamuk yang mendekat dan menggigitnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi buah hati dari gigitan nyamuk. Beberapa cara di atas sebaiknya diterapkan demi kesehatan dan kenyamanan si kecil. Ingat bahwa nyamuk bisa menggigir kapan saja. Jadi, pastikan untuk memberikan perlindungan terbaik kepada buah hati tercinta.