Cerita Soffell

Inilah Tempat yang Rentan Penularan Chikungunya

Soffell - Chikungunya merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dari gigitan nyamuk ke tubuh manusia. Biasanya nyamuk aedes albopicus dan aedes aegypti menjadi penyebab utama penyakit ini. Spesies-spesies tersebut umumnya menggigit pada jam pagi hingga sore hari. Puncak aktivitas yang mereka lakukan terjadi saat pagi serta menjelang malam.

Gejala yang timbul akibat gigitan nyamuk ini berupa nyeri sendi, demam, dan ruam. Memang gejala yang timbul mirip dengan demam berdarah karena disebabkan oleh nyamuk yang sama spesiesnya yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Berikut inilah tempat yang rentan penularan chikungunya :

 

Di kolong tempat tidur serta tumpukan baju

Kolong tempat tidur dan pakaian yang menumpuk menjadi salah satu tempat yang disukai nyamuk aedes untuk berkembang biak. Kegiatan fogging merupakan salah satu cara untuk memberantas masalah ini. Akan tetapi, masih banyak orang yang menolak pengasapan masuk ke dalam rumah karena alasan tertentu.

 

Fogging yang sebenarnya dapat mencegah pengembang biakan nyamuk aedes ini kebanyakan hanya dilakukan di luar rumah serta selokan. Hal itu tentu saja kurang maksimal untuk membasmi nyamuk aedes.

 

Selokan atau got


Air yang menggenang di selokan atau got merupakan tempat yang rentan dengan penularan chikungunya. Nyamuk ini sangat menyukai genangan air untuk bertelur sehingga menyebabkan perkembang biakannya berlangsung di sana.

 

Nyamuk penyebab penyakit chikungunya ini akan beristirahat di malam hari dan mulai beraktivitas pada pukul 08.00 – 10.00 lalu pukul 15.00 – menjelang malam. Untuk menghindari terkena gigitan nyamuk ini, maka kebersihan selokan atau pun got perlu diperhatikan, jangan sampai terdapat air yang menggenang.

 

Kamar mandi


Nyamuk aedes juga menyukai tempat yang bersih untuk berkembang biak seperti pada air di bak mandi. Dikarenakan hal tersebut maka dianjurkan untuk sering menguras bak mandi dengan rutin sehingga dapat meminimalisir nyamuk penyebab penyakit chikungunya ini untuk berkembang biak.

 

Tumpukan barang bekas


Sudah tidak asing lagi jika kita akan melihat banyak nyamuk yang berada di tumpukan barang bekas. Nyamuk memang akan menjadikannya tempat tinggal karena tumpukan barang merupakan salah satu tempat favorit nyamuk penyebab chikungunya untuk berkembang biak.

 

Untuk menghindari perkembang biakan nyamuk di tumpukan barang bekas maka dianjurkan untuk mengubur saja barang yang sudah tidak dipakai lagi. Jangan membiarkan barang-barang tersebut malah menjadi sarang nyamuk lalu membahayakan kesehatan tubuh.

 

Bangunan yang telah beberapa lama ditinggal


Suatu bangunan yang lama ditinggal misal untuk pulang kampung dan dibiarkan kosong bisa jadi tujuan utama untuk nyamuk bersarang di sana. Apabila setelah pulang, tidak dibersihkan dengan benar maka nyamuk-nyamuk tersebut dapat menularkan berbagai penyakit seperti salah satunya chikungunya.

 

Memang pada waktu siang hari nyamuk tidak begitu terlihat dan akan nampak banyak ketika menjelang malam hari. Hal tersebut biasa terjadi karena pada siang hari nyamuk tidak begitu terlihat ketika terbang dan akan dengan mudah bersembunyi di tempat-tempat tertentu.

 

Dibalik gorden


Apabila di rumah anda terdapat banyak jendela dan ditutupi oleh gorden, maka hati-hati hal tersebut dapat menjadi tempat nyamuk bersembunyi. Gunakan obat membasmi nyamuk yang dapat disemprotkan ke gorden untuk mematikan nyamuk yang sedang bersarang disana.

 

Jika anda ingin membuktikan bahwa gorden dapat menjadi tempat tinggal nyamuk, coba saja untuk menggoyangkannya maka akan terlihat nyamuk berterbangan karena merasa terusik tempat bersembunyinya diganggu. Dengan penyemprotan obat nyamuk, hal itu dapat membantu membasmi nyamuk di balik gorden.

 

Tong sampah


Selain menjadi tempat tinggal lalat, nyamuk juga menyukai bersembunyi di dalam tong sampah. Untuk meminimalisir perkembang biakan nyamuk di dalam tong sampah maka pastikan tong selalu dalam keadaan tertutup dan juga jangan lupa untuk memberi lubang kecil dibawah agar air dapat mengalir sehingga tidak menggenang.

 

Ituah Tempat yang Rentan Penularan Chikungunya dan berada di sekitar kita. Selalu jaga kebersihan rumah dan lingkungan untuk mencegah dari serangan nyamuk pembawa virus chikungunya. Selain itu, gunakan selalu Soffell lotion anti nyamuk untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk.