Cerita Soffell

Ini Loh Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan jenis serangga yang memiliki sepasang sayap dan tubuh langsing. Namun, hewan bertubuh mungil ini memiliki potensi untuk menyebarkan penyakit ke manusia. Tidak heran, jika banyak orang yang berusaha mencari aneka cara untuk mengusir nyamuk dari rumah mereka.

Sebenarnya, banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk. Misalnya menggunakan obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, atau obat nyamuk elektrik. Namun, ini akan memakan biaya dan ada pula efek samping yang ditimbulkan. Tapi, tenang saja karena ada cara ampuh mengusir nyamuk yang lebih aman, yaitu dengan menanam beberapa tanaman yang dipercaya bisa mengusir nyamuk dari rumah.

Aneka Jenis Tanaman yang Bisa Dimanfaatkan untuk Mengusir Nyamuk

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang paling sering digunakan oleh masyarakat, bahkan beberapa diantaranya dijadikan sebagai bahan dasar aroma dari produk lotion atau semprotan pengusir nyamuk.

1.   Bunga Geranium

Sebagian besar masyarakat tentu tidak asing lagi dengan bunga satu ini.  Bunga geranium memiliki aroma layaknya minyak kayu putih atau minyak telon yang dapat membuat pusing nyamuk. Cara penanamannya sangat mudah, yaitu memotong bagian batang tanaman geranium, lalu tinggal ditancapkan ke dalam tanah.

Tanaman Geranium bisa mencapai tinggi 20 hingga 60 cm. Oleh karena itu, Geranium dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman hiasan gantung yang diletakkan di dalam rumah maupun luar rumah. Bukan hanya sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini pasti akan membuat rumah terlihat semakin cantik.

2.   Bunga Lavender

Tanaman lavender sudah tidak asing lagi dijadikan sebagai pengusir nyamuk alami. Bahkan, lavender dikenal sebagai tanaman paling ampuh untuk mengusir nyamuk di seluruh dunia. Bunga berwarna ungu ini juga telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan produk anti nyamuk. Minyak dari bunga lavender juga bisa langsung diaplikasikan pada tubuh agar terbebas dari gangguan nyamuk yang menyebalkan.

3.   Citrosa Masquito

Tanaman Citrosa cocok sekali ditanam di luar ruangan. Hal ini karena Citrosa Masquito membutuhkan keberadaan air dan sinar matahari dalam jumlah yang banyak. Tanaman citrosa masquito diketahui dapat menurunkan kemampuan diri nyamuk dalam mendeteksi keberadaan udara karbondioksida.

Selain itu, Citrosa juga mengeluarkan aroma jeruk yang sangat khas dan cukup tajam. Hal inilah yang membuat tanaman ini banyak ditanam oleh masyarakat untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah.

4.   Akar Wangi

Tanaman yang berasal dari negara India ini terlihat seperti rumput liar dengan bentuk daun yang meruncing. Akar wangi diketahui ampuh sebagai media pencegah atau pengusiran nyamuk jenis demam berdarah. Selain bermanfaat dalam media pencegahan masuknya nyamuk ke dalam rumah, tanaman akar wangi seringkali dijadikan sebagai bahan dasar dari pembuatan lotion atau parfum.

5.   Bunga Rosemary

Rosemary memilki bentuk bunga berukuran sedang serta aromanya dikenal mampu merusak indera penciuman nyamuk. Warna dari bunga rosemary adalah biru keungu-unguan yang sangat cantik.

Selain cantik, tanaman rosemary dapat mengacaukan efektivitas daya radar yang dimiliki oleh nyamuk. Saat malam hari, rosemary sebaiknya dipindahkan ke dalam kamar tidur supaya lebih efektif dalam mengusir nyamuk selama beristirahat.

Nah, itu dia beberapa tanaman yang dipercaya ampuh untuk mengusir nyamuk penyebab penyakit. Bukan hanya berperan sebagai pengusir nyamuk alami saja, tanaman ini juga sekaligus bisa dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Selain lingkungan rumah menjadi sehat karena bebas nyamuk, rumah juga semakin manis saat bunga-bunga ini bermekaran.