Cerita Soffell

Hindari Resiko DBD Ketika Lebaran dengan Siap Selalu Lotion Anti Nyamuk

Soffell - Lebaran menjadi momen yang paling membahagiakan bagi semua muslim di dunia. Pasalnya, pada momen inilah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga. Apalagi, ada banyak makanan khas hari raya yang siap membuat suasana di rumah menjadi semakin hangat.

Sebagai momen yang sangat istimewa, kita tentu harus mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Bukan hanya membeli baju baru saja, menjaga kesehatan diri dan keluarga juga penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi, kini sedang banyak kasus DBD yang memakan korban, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga diri sendiri dan keluarga dari gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah. Jika tidak, maka penyakit DBD bisa saja merusak momen indah saat lebaran tiba. Nah, salah satu caranya adalah dengan selalu siap sedia produk lotion anti nyamuk.

Lotion Anti Nyamuk Melindungi Keluarga dari Resiko Penyakit DBD

Demam berdarah (DBD) merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan. Hal ini karena penyakit demam berdarah bisa membuat tubuh sangat drop, bahkan sampai berujung kematian. Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue akibat gigitan nyamuk betina Aedes aegypti ini tentu perlu diwaspadai.

Cara paling mudah untuk terhindar dari gigitan nyamuk Aedes aegypti yang mungkin membawa virus dengue adalah dengan menggunakan lotion anti nyamuk. Apalagi, sekarang sudah banyak produk lotion yang aman dan mudah ditemukan di pasaran. Kemasan lotion juga sangat praktis, sehingga mudah dibawa saat mudik lebaran.

Lotion anti nyamuk cocok digunakan oleh semua anggota keluarga. Namun, penggunaan lotion anti nyamuk untuk bayi atau anak-anak perlu diperhatikan. Hal ini mengingat bahwa kulit si kecil biasanya lebih sensitif, sehingga perlu menggunakan lotion anti nyamuk yang benar-benar aman bagi si kecil.

Lalu, lotion anti nyamuk seperti apa yang aman digunakan oleh si kecil dan anggota keluarga lainnya? Pada umumnya, lotion anti nyamuk mengandung picaridin dan DEET yang berperan untuk menangkal nyamuk. Manfaat Picaridin adalah memberikan perlindungan yang lebih lama dari gigitan nyamuk. Kadar DEET dalam produk menunjukkan berapa lama ketahanan lotion anti nyamuk tersebut bisa melindungi dari gigitan nyamuk.

Picaridin dan DEET sebenarnya aman untuk bayi. Namun, beberapa orang tua lebih memilih lotion anti nyamuk yang bebas dari kandungan DEET. Hal ini karena DEET merupakan bahan kimia, sehingga banyak orang tua yang memilih menghindarinya. Sebagai alternatif, lotion anti nyamuk yang mengandung minyak esensial alami merupakan pilihan yang tepat.

Minyak esensial alami pada lotion anti nyamuk umumnya diperoleh dari tanaman pappermint, sitronela, dan tanaman serai. Karena dibuat dari bahan alami, maka lotion anti nyamuk jenis ini lebih aman untuk bayi. Meskipun aman untuk si kecil, namun bayi berusia di bawah 2 bulan sebaiknya jangan diberi lotion anti nyamuk.

Selain itu, pengaplikasian lotion anti nyamuk juga harus dilakukan secara benar. Sebaiknya, hanya oleskan lotion anti nyamuk pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian saja. Lotion juga hanya boleh dioleskan secara tipis-tipis. Setelah mengoleskan lotion, sebaiknya segera cuci tangan menggunakan sabun.

Langkah ini penting dilakukan untuk melindungi si kecil dan anggota keluarga lainnya bisa dari jangkauan nyamuk penyebab penyakit. Jadi, pastikan untuk selalu menyediakan lotion anti nyamuk di rumah atau saat melakukan perjalanan selama momen silaturahmi lebaran.

Dengan menggunakan lotion anti nyamuk, maka semua anggota keluarga bisa lebih nyaman selama merayakan momen lebaran. Apalagi jika merayakan lebaran di kampung halaman yang terdapat banyak nyamuk di sana. Tidak perlu khawatir lagi akan gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah.