Cerita Soffell

Hati-Hati, Ini Spot di Kantor yang Rawan Nyamuk

Soffell - Digigit nyamuk sepertinya bukan menjadi kejadian yang asing lagi. Pasalnya, keberadaan nyamuk di negara tropis seperti Indonesia memang sulit dibendung. Apalagi jika musim hujan datang, banyak genangan air dimana-mana yang menjadi favorit bagi nyamuk untuk menetaskan telur-telurnya.

Nyamuk bisa bersarang dimana saja. Baik di rumah atau di kantor sekalipun. Kantor sebagai tempat untuk bekerja memang seharusnya memberikan kenyamanan. Namun, keberadaan nyamuk di dalam kantor seringkali sulit dihindari karena ada beberapa spot di kantor yang disukai oleh nyamuk untuk bersarang sekaligus berkembangbiak.

Beberapa Spot di Kantor yang Rawan Menjadi Sarang Nyamuk

Berikut ini adalah beberapa spot di kantor yang rawan menjadi sarang nyamuk untuk bersembunyi dan berkembangbiak:

1.   Kolong Meja Kantor

Desain dari meja kantor, memiliki kemiripan dengan model meja yang biasa ditemukan di sekolah dasar atau perpustakaan. Kolong meja adalah tempat yang jarang sekali orang perhatikan kebersihannya. Sehingga, seringkali nyamuk berkumpul di dalam tempat gelap tersebut.

Suhu udara yang lembap dan banyaknya kotoran di kolong, membuat nyamuk menjadi betah untuk berdiam diri di sana. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan kolong, menyemprotkan bahan kimia aktif pembunuh nyamuk, dan menyimpan tanaman pengusir nyamuk di dekatnya.

2.   Tempat Sampah

Media berkumpulnya nyamuk di kantor yang paling rawan adalah tempat sampah.  Sampah yang dibiarkan hingga berhari-hari dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Terlebih jika ada sedikit genangan air yang tertinggal dalam tempat sampah. Maka, sudah dapat dipastikan tempat tersebut masuk dalam kategori sarang nyamuk.

Cara meminimalisir hal tersebut adalah secara rutin membersihkan tempat sampah. Akan lebih baik jika tempat sampah plastik dicuci secara berkala. Pastikan bagian dalamnya kering sebelum digunakan kembali.

3.   Belakang Mesin Foto Copy

Setiap kantor biasanya memiliki alat foto copy di dalam ruangan kerjanya. Karena banyaknya kabel dan keterbatasan waktu untuk membersihkan bagian belakang mesin, maka banyak nyamuk yang berkumpul di tempat tersebut. Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan keberadaan nyamuk di belakang mesin foto copy adalah melakukan penyemprotan nyamuk secara rutin.

Sedangkan dalam rangka menjaga kebersihannya, semprotkan cairan desinfektan di udara. Disarankan untuk tidak menargetkan langsung pada kabel mesin yang ada.

4.   Dispenser

Peralatan dispenser terlihat selalu bersih. Namun, kenyataannya sering ditemukan sedikit genangan air tepat di bagian bawah keran air. Karyawan biasanya tidak menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, nyamuk dapat berkembangbiak dengan baik tanpa disadari oleh para pekerja.

Cara menghindari pertumbuhan nyamuk di dalam dispenser, yakni menjaga kebersihan dan tetap mempertahankan kondisi kering setelah mengambil minuman. Segera bersihkan dengan tisu atau lap kering jika ada tumpahan air yang tertinggal dalam alat tersebut. Pastikan sebelum mengisi ulang, dispenser dalam keadaan kering dan bersih.

5.   Bawah Lemari Kantor

Kolong lemari atau bagian bawah lemari adalah tempat ideal yang dijadikan sebagai sarang nyamuk. Suhu yang lembap serta banyaknya debu dan berbagai kotoran, membuat bagian bawah lemari ini sangat disukai oleh nyamuk.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah nyamuk berkumpul di spot tersebut adalah dengan menggeser lemari kantor ke tempat lain. Lalu, bersihkan lantai dengan cairan pembersih lantai. Selanjutnya, sapu kolong lemari secara berkala dan semprotkan cairan pembunuh serangga ke bagian tersebut.

Itu dia beberapa spot di kantor yang sangat rawan menjadi sarang nyamuk. Spot-spot yang sering terabaikan tersebut, sebaiknya mulai diperhatikan agar kebersihannya selalu terjaga. Dengan menjaga kebersihan setiap sudut kantor, maka nyamuk tidak akan betah tinggal di sana. Bekerja pun menjadi semakin aman dan nyaman tanpa ada gangguan nyamuk.