Cerita Soffell

Cara Bersepeda agar Tidak Mudah Lelah

Soffell - Belakangan ini, bersepeda menjadi hobi baru yang sedang popular di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, kini suka menghabiskan waktu luangnya dengan bersepeda. Tidak dipungkiri bahwa bersepeda memang olahraga yang sangat seru dan asyik untuk dilakukan. Pasalnya, olahraga bersepeda bisa sekaligus dilakukan sambil jalan-jalan ke berbagai lokasi, sehingga bisa mengusir kebosanan.

Meskipun terlihat cukup sederhana dan tidak membutuhkan fisik yang ekstra, namun bersepeda tetap membutuhkan persiapan yang matang. Apalagi jika akan bersepeda dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak mudah lelah saat bersepeda. Lalu, apa saja cara tersebut?

Inilah 5 Cara Agar Tidak Mudah Lelah Saat Bersepeda

1. Siapkan kondisi tubuh yang prima

Olahraga bersepeda membutuhkan kondisi fisik yang prima. Untuk melakukan perjalanan yang jauh dengan bersepeda, pastikan kondisi tubuh sedang fit agar tidak cepat lelah. Jika dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen tambahan. Namun, jangan lupa konsultasi dengan dokter terkait suplemen yang aman untuk dikonsumsi.

2. Atur penggunaan gigi sepeda

Pengaturan gigi sepeda yang tepat juga sangat membantu untuk menghemat tenaga atau energi. Jika sedang melewati kondisi jalanan yang lurus, paling pas adalah mengatur gigi pada tingkat paling tinggi atau pun di bawahnya. Sementara jika sejak melewati perjalanan yang menanjak, sebaiknya gunakan pengaturan gigi 1 atau yang paling rendah. Hal ini penting untuk dilakukan agar kekuatan kayuhan bis tetap stabil dan sepeda bisa menanjak.

3. Ubah posisi badan

Saat menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan bersepeda, posisi badan akan sanat mempengaruhi rasa lelah sepanjang perjalanan. Perlu diketahui bahwa posisi tubuh yang statis atau tetap selama perjalanan yang jauh merupakan faktor munculnya rasa lelah dan pegal di badan. Oleh karena itu, rasa lelah bisa diatasi dengan mengganti posisi badan sesering mungkin. Dengan begitu, maka bisa meminimalisir rasa lelah saat bersepeda.

4. Atur pernapasan

Mengatur napas secara baik juga merupakan teknik untuk mengurangi rasa lelah berlebihan ketika sedang bersepeda. Cobalah untuk mengatur napas dengan baik secara konstan. Cara ini akan membuat rasa lelah berkurang. Sehingga, perjalanan bisa tetap dilanjutkan dengan kondisi badan yang fit.

5. Minum teratur setiap satu jam

Pastikan untuk menyediakan botol minum setiap akan melakukan perjalanan bersepeda. Ingat bahwa saat bersepeda akan banyak cairan tubuh yang keluar. Cairan tubuh yang hilang bisa menyebabkan tubuh jadi letih atau cepat lelah. Oleh karena itu, ganti cairan tubuh yang hilang tersebut dengan minum air putih. Selain akan mengurangi rasa lelah, minum juga akan menghindari tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa lelah berlebihan saat perjalanan bersepeda. Selain kelima hal di atas, perlu juga diperhatikan untuk tidak terlalu lama beristirahat saat perjalanan. Pasalnya, beristirahat terlalu lama bukan ide yang baik untuk mengurangi rasa lelah. Hal tersebut justru akan menyebabkan otot yang sudah lentur kembali kaki. Tubuh pun jadi malas untuk bergerak. Sebaiknya istirahatlah selama 5 – 10 menit saja. Yuk, lakukan tips di atas agar tidak mudah lelah saat bersepeda!

Biasanya bersepeda itu dilakukan pada pagi hari dimana waktu nyamuk rawan keluar. Nah, supaya terhindar dari gigitan nyamuk saat bersepeda pakai lotion anti nyamuk Soffell. Selain terasa lembut di kulit, Soffell juga memiliki wangi yang menyegarkan, lho!