Cerita Soffell

Beberapa Tips Bebas Nyamuk pada Saat Lebaran

Lebaran atau idul fitri adalah salah satu perayaan terbesar bagi umat muslim. Momen ini dirayakan dengan cara saling memberikan maaf dan bersalaman antara satu orang dengan yang lainnya. Selain bermaaf-maafan, setiap rumah juga biasanya menyediakan hidangan lezat untuk disantap bersama.

Kebersihan hati dan diri tentu tidaklah cukup untuk merayakan momen lebaran. Lingkungan yang bersih dan bebas dari nyamuk, dapat membuat acara open house di rumah lebih sakral dan istimewa. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dari nyamuk yang berkeliaran agar tidak mengganggu momen indah lebaran.

Tips Bebas Nyamuk pada Saat Momen Lebaran

Setiap keluarga tentunya ingin merayakan momen lebaran dengan penuh cuka cita dan kebahagiaan. Maka dari itu, perlu persiapan khusus menyambut lebaran, terutama terkait kebersihan lingkungan dari nyamuk penyebab penyakit. Nah, berikut adalah beberapa tips agar rumah bebas nyamuk saat lebaran:

1.   Bersihkan talang air

Melakukan pembersihan talang air dan memeriksanya untuk memastikan dari kebocoran, termasuk dalam salah satu upaya untuk meninimalisir keberadaan nyamuk di sekitar rumah. Pada dasarnya, fungsi dari talang air itu sendiri adalah sebagai media transportasi air.

Jadi, sudah tentu bagian talang air ini tergenang oleh air. Genangan air tersebut biasanya terjadi setelah musim hujan tiba. Bersihkan talang air dari genangan air, sampah yang menyumbat, atau perbaiki jika ada kebocoran agar lebih aman.

2.   Nyalakan aromaterapi

Lilin aromaterapi, tersedia dalam berbagai pilihan aroma. Aroma yang paling tidak disukai nyamuk salah satunya adalah lavender. Cara ini sangat praktis dan mudah untuk diaplikasikan saat momen lebaran.

Selain tidak menimbulkan polusi, aroma yang menyebar di ruangan dapat membantu pikiran semakin rileks serta mengusir nyamuk dari rumah. Bukan hanya aroma lavender, ada juga beberapa varian aroma lainnya seperti lemon dan serai yang dihindari oleh nyamuk.

3.   Menanam tanaman pengusir nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk yang paling terkenal, yakni bunga geranium. Bunga  geranium menghasilkan aroma minyak kayu putih yang kuat, sehingga nyamuk sangat menghindari tanaman satu ini. Jenis tanaman lainnya yang sering digunakan untuk mengantisipasi keberadaan nyamuk, diantaranya adalah akar wangi, bunga rosemary, dan citrosa masquito.

Selain dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk, tanaman tersebut akan terlihat cantik saat ditanam di halaman rumah. Bisa juga dijadikan sebagai tanaman hiasan gantung. Tentu, tanaman cantik ini akan membuat momen lebaran di rumah semakin manis dan bahagia.

4.   Gunakan warna cat yang cerah

Nyamuk menyukai tempat yang gelap, lembap, dan kotor. Cat warna yang gelap akan memudahkan nyamuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Karena warna tubuh nyamuk yang gelap, maka akan lebih mudah lagi bagi nyamuk untuk menyembunyikan keberadaannya di dalam rumah.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan warna yang terang seperti warna putih, hijau, kuning, dan warna cerah lainnya jika ingin mengganti cat dinding rumah pada saat menjelang momen idul fitri.

Dengan begitu, maka nyamuk harus berusaha dengan keras untuk mengelabui manusia. Walaupun, warna cerah lebih mudah terlihat kotor saat ada noda yang menempel, tapi hal ini lebih baik dibandingkan warna gelap yang membuat nyamuk semakin betah berdiam di dalam rumah.

5.   Siapkan lotion anti nyamuk

Cara paling praktis untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk adalah dengan mengoleskan lotion anti nyamuk. Lotion ini memang terbukti membuat nyamuk enggan hinggap di tubuh kita. Tapi, pastikan memilih lotion anti nyamuk yang aman jika akan diaplikasikan pada anak-anak. Lebih baik pilih lotion dari bahan alami agar aman dan nyaman digunakan oleh si kecil.

Itulah beberapa tips yang dapat diaplikasikan untuk mengusir nyamuk di rumah ketika menyambut momen lebaran. Memang sudah semestinya momen lebaran disambut dengan penuh persiapan. Termasuk mempersiapkan diri dari kemungkinan nyamuk yang mengganggu saat momen-momen terbaik lebaran.